Sukses

Lifestyle

Potret Acara Pernikahan, Pria Ini Gunakan Smartphone dan Hasilnya Menakjubkan!

Pernikahan jelas merupakan acara yang istimewa. Setiap momen di acara pernikahan bahkan mungkin tak bisa terulang kembali. Tak heran jika banyak pasangan yang rela merogoh kocek dalam untuk menggunakan jasa fotografer profesional demi mendapatkan dokumentasi terbaik.

Tapi pernah terbayang nggak kalau kamera yang digunakan bukanlah kamera DSLR tapi kamera smartphone? Sephi Bergerson, fotografer yang satu ini membuat tantangan baru bagi dirinya. Dilansir dari mashable.com, fotografer profesional ini menggunakan kamera dari iPhone 6s untuk memotret dan mendokumentasikan serangkaian acara pernikahan. Dan Sephi punya alasan tersendiri kenapa ia memilih menggunakan kamera smartphone dan bukan kamera DSLR untuk memotret acara pernikahan.

Foto: copyright boredpanda.com

"iPhone tak bisa menggantikan DSLR tapi menawarkan media fotografi yang benar-benar baru. Gambar yang dihasilkan merupakan perpaduan antara dokumenter atau jurnalisme foto yang kusebut karya seni, mendekati karya lukisan," terang Sephi.

Memotret dengan kamera smartphone jelas ada tantangannya sendiri. Khususnya dengan pencahayaan yang kurang, Sephi harus pintar-pintar mengatur ISO di iPhone-nya. Mendokumentasikan foto di lantai dansa misalnya juga jadi problematis. Tapi yang paling menyenangkan bagi Sephi karena adanya pilihan post-production di smartphone. Jadi dia bisa langsung mengeditnya dengan cepat.

Tadinya tak ada pasangan yang mau ambil risiko dipotret dengan mengdunakan kamera smartphone. Sampai akhirnya ada Ayushi dan Abhishek yang menyelenggarakan pernikahan mewah 3 hari berturut-turut di Udaipur, Rajasthan yang mau acara pernikahannya didokumentasikan dengan iPhone 6s oleh Sephi.

Siapa sangka potret ini diambil dengan kamera smartphone. | Foto: copyright boredpanda.com

Dilansir dari boredpanda.com, Sephi mengaku sudah sejak lama ia ingin sekali memotret acara pernikahan India dari awal sampai akhir dengan iPhone. "Yang kusuka dari iPhone adalah aku bisa lebih dekat dengan subjek dan mendapat kontak mata. Dengan DSLR, kamera jadi penghalangku dengan subjek. iPhone tak bisa menggantikan DSLR tapi menawarkan media fotografi yang benar-benar baru," ungkap Sephi.

Sephi pun harus bisa meyakinkan kliennya bahwa potret yang diambilnya dengan smartphone tak akan mengecewakan. "Aku terus bilang pada klien-klienku kalau yang terpenting bukanlah siapa yang ada di acara pernikahan tapi apa yang kalian rasakan saat itu. Saat nantinya kamu melihat foto-foto itu lagi kamu pun masih bisa menghidupkan kembali perasaannya," ujar Sephi.

Kalau melihat hasil jepretan Sephi, sebenarnya nggak menyangka ya kalau foto-foto indah itu diambil dengan hanya menggunakan smartphone. Ya jelas saja Sephi sendiri memang seorang fotografer profesional yang telah memenangkan sejumlah penghargaan. Jadi dengan alat terbatas pun, dia masih bisa mendapatkan foto terbaik dengan kemampuan dan pengalamannya.

Sephi dengan kamera smartphone-nya sedang beraksi. | Foto: copyright boredpanda.com

"Tak ada trik khusus untuk fotografi. Sekalipun kamu diberi gitar milik Jimi Hendrix, kamu tetap tak bisa bermain sepertinya. Persoalannya bukan ada pada alatnya," ujar Sephi. Iya, setuju deh ya kalau kemampuan dan keahlian itu memegang peranan penting saat membuat karya.

Ladies, apa kamu tertarik untuk ikut mengabadikan momen indah pernikahan dengan menggunakan smartphone juga? Siapa tahu hasilnya akan lebih mengejutkan dan menakjubkan dibanding menggunakan kamera DSLR.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading