Sukses

Beauty

Marah Bikin Wajahmu Jelek, Mending Buang Emosi Negatifmu dengan 9 Cara Ini

Tiap orang sudah dibekali emosi dan perasaan masing-masing. Salah satunya adalah rasa marah. Di saat-saat tertentu, kita bisa dan perlu marah demi bisa meluruskan atau memperbaiki sesuatu.

Tapi kalau terlalu sering marah, wajah bisa jadi jelek lho dan kelihatan tambah tua. Wah, nggak mau dong wajah jadi kelihatan lebih tua dari usia asli kita yang sebenarnya. Nah, maka dari itu, daripada marah uring-uringan, mending lampiaskan dengan cara lain yang lebih positif.  Ada banyak cara yang bisa dipilih, mulai dari nyanyi sepuas hati hingga mengikuti olahraga ekstrem. Selengkapnya, simak infonya di sini.

Menulis di Buku Harian
Ini cara klasik sih  tapi tetap manjur lho. Masih ada orang yang punya buku harian sekalipun sudah ada note dan tab. Menulis buku harian terkesan lebih alami dan pribadi. Mengapa orang memilih menulis buku harian, karena orang seperti ini biasanya lebih bisa mengungkapkan secara tulisan daripada secara lisan

Menyanyi Sepuas Hatimu
Menyanyi memang menjadi bentuk pelepasan energi yang baik. Kadang orang ingin marah dengan cara yang lebih indah namun tetap bisa mencurahkan perasaan mereka. Nah, salah satunya adalah dengan menyanyi. Yups, menemukan lagu galau, lagu rock atau lagu apapun yang bisa menjelaskan kemarahan mereka.

Melukis atau Menggambar Bebas
Menggambar bisa menjadi sebuah terapi bagi mereka yang sedang merasa emosi. Apapun hasil coretan yang digambarkan, bisa membuat seseorang lebih lega dan teralihkan fokus marahnya.

Berlari dan Berteriak Sampai Lelah
Banyak orang yang ingin berlari dan berteriak sekencang-kencangnya ketika marah. Tipe orang seperti ini biasanya lebih sering memendam amarah sendiri dan kurang suka membesarkan atau menyelesaikan masalah dengan cara emosional.

Tidur, Tapi Jangan Lama-Lama
Ada yang memilih untuk tidur saja saat mereka marah. Tidur membuat pikiran lebih segar dan setengah lupa dengan masalah yang mengganggu. Tidur yang berkualitas untuk menghilangkan marah maksimal adalah 2 jam saja.

Berkebun
Banyak orang tua yang mengisi waktunya dengan berkebun. Berkebun memang bisa menjadi terapi untuk melepaskan diri dari penat dan emosi. Selain membuat Anda lebih humble dan membumi, kontak langsung dengan alam membuat pikiran Anda bisa lebih tenang.

Memasak
Memasak adalah salah satu cara terbaik untuk melepaskan amarah. Orang yang melepaskan emosi dengan masak, biasanya akan teralihkan fokusnya dan asyik sendiri dengan kreasi masakan yang ia lakukan. Mereka tak akan berhenti sampai masakannya terasa sempurna. 

Bersih-Bersih, dari Toilet Hingga Berbagai Ruangan di Rumah
Membersihkan toilet sambil merenung biasanya membuat kita punya waktu untuk introspeksi. Kadang kemarahan itu bukan sepenuhnya akibat orang lain, namun karena kita sendiri. Beberapa orang merasa lebih lega ketika mereka melepaskan amarah dengan membuang energi yang mereka miliki. Salah satunya adalah dengan cara membersihkan dan menata rumah. Meski kadang terdengar seperti 'membanting perabot', namun biasanya membersihkan dan menata rumah saat emosi, hasilnya cukup memuaskan. 

Latihan Bela Diri
Memukul samsak tinju, berlatih karate dan sebagainya, adalah salah satu bentuk penyaluran kekuatan yang baik saat sedang marah. Tapi bukan berarti kita akan menyerang habis-habisan pada partner latihan. Lebih tepatnya adalah bagaimana menguasai diri dalam menggunakan kekuatan yang kita miliki.

Kira-kira cara mana yang paling ampuh dan pas buatmu melampiaskan amarah? Daripada uring-uringan nggak jelas, mending disalurkan dengan cara lain yang lebih positif. Toh, nanti manfaatnya kamu juga yang dapat, kan?

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading