Sukses

Lifestyle

4 Hal Yang Harus Anda Lakukan Setelah Bertunangan

Pertunangan membawa pasangan selangkah lagi menuju pelaminan. Tenggelam dalam euforia usai bertunangan boleh saja dinikmati oleh pasangan. Namun, jangan terbuai terlalu lama, sebab ada beberapa hal yang perlu segera dipersiapkan dengan matang dan terencana, agar pernikahan impian dapat terwujud. Berikut gambaran hal-hal yang perlu dilakukan usai bertunangan.

    Menentukan tanggal pernikahan

    Beberapa keluarga masih mempercayai hitung-hitungan untuk mencari tanggal baik sebuah pernikahan. Sebaiknya, libatkan kedua belah pihak orang tua perihal menentukan tanggal pernikahan. Tanggal pernikahan menjadi krusial untuk pemesanan gedung pernikahan, katering pesta, serta vendor lainnya. Kebanyakan calon pengantin sudah menetapkan tanggal pernikahan jauh-jauh hari, minimal setahun sebelumnya agar mendapatkan gedung, makeup artist, hingga fotografer wedding.

    Menetapkan Biaya Pernikahan

    Menetapkan biaya pernikahan selalu menjadi hal sensitif dalam setiap persiapan pernikahan, namun perlu dibicarakan sejak awal. Pastikan apakah biaya pernikahan akan ditanggung oleh kedua belah pihak, jika ya, bagaimana dengan pembagiannya. Apakah biaya pernikahan ini mendapatkan dukungan dana dari orang tua atau mengandalkan kocek pasangan semata. Setelah mendapatkan bayangan mengenai sumber dana serta jumlahnya, pastikan berapa jumlah undangan, dan sesuaikan pesta pernikahan idaman dengan biaya yang tersedia.

    Berkonsultasi dengan Wedding Planner

    Setelah mengetahui tanggal serta dana pernikahan, terkadang pasangan kebingungan untuk melakukan langkah selanjutnya. Biasanya disebabkan oleh kesibukkan masing-masing serta waktu yang terbatas. Di sinilah peran wedding planner dibutuhkan oleh pasangan untuk menghemat waktu dalam mempersiapkan pernikahan. Tinggal ceritakan pernikahan idaman seperti apa yang diinginkan, tema apa yang diidamkan, berapa budget yang dimiliki, et voilĂ  wedding planner pun dengan sigap akan mengarahkan pasangan untuk mendapatkan vendor yang pas sesuai dengan kriteria pasangan.

    Merencanakan Pre-wedding

    Tentukan konsep pre-wedding yang diinginkan bersama pasangan, apakah akan menggunakan fotografer profesional dengan tema tertentu, atau cukup dengan mengumpulkan foto-foto koleksi selama pacaran yang natural dan menyajikannya semenarik mungkin. Tentunya perencanaan pre-wedding ini jangan sampai menggembungkan budget pernikahan yang sudah ditetapkan sejak awal, rencanakan dengan bijak.

Demikian empat hal yang harus Anda lakukan, saat Anda selesai melakukan prosesi pertunangan. Semoga bermanfaat.

(vem/bridestory/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading