Sukses

Lifestyle

Cara mengembalikan Rasa Percaya Diri Yang Sempat Hilang

Membangun rasa percaya diri dan mengembalikannya adalah dua hal yang berbeda. Bila Anda sempat kehilangan kepercayaan diri Anda, sebenarnya Anda tidak benar-benar kehilangan rasa itu. Memulihkan perasaan itu pun tak akan sesulit membangunnya dari awal. Cobalah cara-cara berikut ini:

1. Ingatlah rasanya

Akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk memanggil rasa percaya diri Anda bila Anda pernah merasakannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengingat rasa itu. Semakin kuat ingatan Anda, maka semakin cepat pula kepercayaan diri Anda kembali. Bayangkan kejadian dimana Anda paling percaya diri, ingatlah detil-detil kecilnya, dan biarkan Anda merasa seolah-olah Anda sedang mengalaminya lagi. Dengan begitu, rasa yakin Anda akan naik.

2. Mempola pemikiran

Ketika Anda sudah pernah berada di titik penuh percaya diri, otak Anda akan tahu bagaimana cara kerjanya. Anda harus mengulik lagi pemikiran tersebut dan mempraktekkannya. Buatlah otak Anda bekerja dengan setting percaya diri. Anda bisa memvisualisasikan situasi percaya diri di masa lalu dan berbicaralah pada diri sendiri dan focus secara mental seolah-olah Anda di situasi itu.

3. Berpura-pura

Setelah Anda ingat bagaimana rasanya menjadi percaya diri dan memaksa otak Anda untuk bertindak demikian, maka selanjutnya yang dapat Anda praktekkan adalah berpura-pura bertindak seolah-olah Anda sedang percaya diri. Ingatlah bahwa tubuh dan pikiran Anda saling berhubungan. Perasaan Anda akan mempengaruhi tindakan, begitu pun sebaliknya. Jadi, bicaralah, berdiri, dan bersikap dengan penuh percaya diri meskipun Anda belum memilikinya sekarang.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, rasa percaya diri pun akan perlahan-lahan memegang kendali tubuh dan pikiran Anda dan voila! Anda sudah percaya diri lagi.

Sumber: www.pickthebrain.com

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading