Sukses

Lifestyle

Karena Tidak Sempurna adalah Kesempurnaan

Setiap orang di Anda, mantan pacar Anda, teman-teman Anda, bahkan Nicholas Saputra sekalipun, pasti pernah membuat kesalahan selama masa hidupnya. Tidak ada yang salah dengan hal itu, kok. Justru sangat normal karena memang tidak ada manusia yang sempurna.

Bahkan menurut teori The Pratfall Effect yang dikembangkan oleh Dr. Richard Wiseman, orang yang diakui kompeten akan lebih terlihat menarik dan disukai jika ia membuat kesalahan atau paling tidak mengakui kesalahannya ketimbang orang yang selalu tampil sempurna.

Loh, kenapa begitu ya?

Ternyata, masih berdasarkan hasil studi Dr. Wiseman, hal itu disebabkan karena kita cenderung merasa terintimidasi oleh orang-orang yang selalu tampil sempurna dan jarang sekali membuat kesalahan. Kita akan lebih mudah menerima seseorang yang ‘bisa berbuat salah’ karena hal itu menunjukkan bahwa ia memang manusia biasa (ada faktor kelegaan. Fiuh!), seperti kita, yang tidak luput dari salah. Sehingga kita melihat orang tersebut lebih mudah 'dijangkau'.

Foto: copyright setipe.com

Tapi, sebelum Anda merasa besar kepala dan menjadikan teori ini sebagai 'alasan' untuk selalu berbuat salah, saya perlu mengingatkan Anda beberapa hal lagi, yaitu:

  1. Pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan label sebagai orang yang ‘kompeten’. Teori Pratfall Effect hanya berlaku bagi orang-orang yang memang sudah diakui memiliki kapabilitas di mata banyak orang. Jika label yang Anda dapat selama ini justru sebagai orang yang tidak kompeten, maka teori ini tidak akan memberikan efek seperti yang dijelaskan di atas.

  2. Kesalahan yang Anda lakukan bukanlah kesalahan besar yang memiliki pengaruh pada hal-hal signifikan. Kalau Anda sering terlambat, tidak pernah mengerjakan tugas, atau selalu ceroboh dalam bertindak, maka ucapkan selamat tinggal pada label ‘kompeten’.

  3. Jangan bersembunyi di balik kata-kata ‘manusia tidak ada yang sempurna’ dan merasa bahwa Anda bisa seenaknya melakukan kesalahan dan berharap orang lain dapat memakluminya. Bukannya simpati, tapi malah rasa kesal yang akan Anda dapatkan.

Nah, pada akhirnya saya hanya ingin mengatakan bahwa, "It’s okay not to be perfect," asal Anda sudah berusaha semaksimal mungkin sebelumnya. Sempurna bukan berarti tidak sedikitpun membuat kesalahan, tapi ketika akhirnya terjadi kesalahan, Anda bisa bangkit dan menjadikannya sebagai pelajaran yang berharga.  

(vem/setipe/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading