Sukses

Beauty

Ingin Terbebas dari Stres? Lakukan 5 Hal Simpel Ini Setiap Hari

Stres memang bisa memberikan berbagai macam dampak negatif bagi tubuh dan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, sakit jantung, hingga detak jantung yang tak beraturan. Bahkan stres juga bisa mengarah pada penyakit mematikan seperti kanker. Ya, stres memang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tapi bagaimana jika kita terus-menerus merasa stres setiap hari karena tekanan dan masalah di lingkungan kita?

Ternyata ada lima hal sederhana yang bisa kita lakukan setiap hari untuk mengurangi stres atau setidaknya bisa membantu kita untuk mengontrol diri dengan lebih baik. Untuk lebih jelasnya, ikuti saja penjelasan yang dilansir dari pickthebrain.com berikut ini.

Buat Jadwal Setiap Hari
Saat kita tak punya jadwal, pikiran kita bisa kemana-mana. Karena ketika kita tak tahu apa yang harus dilakukan, kita bisa tertekan karena merasa seolah kita harus menyelesaikan semua hal dalam satu waktu yang bersamaan. Jika Anda punya masalah yang seperti ini, pastikan Anda selalu mengisi hari Anda dengan jadwal yang teratur.

“In times of great stress or adversity, it’s always best to keep busy, to plow your anger and your energy into something positive.” – Lee Iacocca


Jangan Berpikir Berlebihan
Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan sebuah hal bisa membuat Anda stres. Semakin berlebihan Anda memikirkan sesuatu, maka Anda akan semakin kesulitan untuk mengontrol pikiran Anda. Berhentilah berpikiran yang tidak-tidak apalagi berpikiran yang negatif.

Tingkatkan Kemampuan untuk Mengatur Semua Hal
Luangkan waktu, bersihkan ruang kerja atau rumah Anda, buang hal-hal yang sudah tak digunakan lagi. Cobalah untuk mengatur dan menata segala hal dengan lebih baik lagi. Karena saat sesuatu berada tidak pada tempatnya dan kita benar-benar membutuhkan benda itu, kita bisa saja langsung panik dan kebingungan.

“Organizing is what you do before you do something, so that when you do it, it is not all mixed up.” – A. A. Milne


Dengarkan Musik Kesukaan Anda
Fakta ilmiah membuktikan bahwa mendengarkan musik bisa memberikan rasa bahagia yang sama ketika kita makan makanan kesukaan kita. Kenapa bisa begitu? Rupanya ketika mendengarkan musik, dopamin akan disebarkan ke seluruh tubuh dan kita bisa merasa lebih bahagia. Dengan kata lain, mendengarkan musik adalah salah satu cara menyenangkan untuk menjaga kesehatan mental kita.

Luangkan Waktu untuk Bersenang-Senang
Lakukan hal yang Anda sukai atau coba sesuatu yang baru yang belum pernah Anda coba. Luangkan waktu melakukan kegiatan yang bisa membuat Anda merasa senang atau aktivitas yang bisa membuat Anda tertawa lepas.

“Even though you’re growing up, you should never stop having fun.” – Nina Dobrev


Jangan sampai karena stres, Anda jadi kehilangan semangat. Cobalah untuk mempraktikkan lima hal di atas, maka Anda bisa merasa lebih mudah untuk mengontrol diri dan emosi Anda. Atau mungkin Anda punya tips atau cara tersendiri supaya tak mudah merasa stres?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading