Sukses

Lifestyle

Pintu yang Satu Ini Akan Selalu Terbuka Setiap Kali Masalah Datang

Oleh:Endah Wijayanti (@endawia)
Ladies, mau tak mau kita harus menerima kenyataan bahwa hidup tak selamanya membahagiakan. Roda akan terus berputar. Pada titik tertentu, kita bisa berada di puncak. Tapi kita bisa saja langsung berada di titik terbawah secara tiba-tiba, tanpa kita duga sebelumnya. Saat masalah terus datang dan bermunculan, kita bisa merasa putus asa dan bahkan depresi berat.

Tapi, ternyata ada satu pintu yang akan selalu terbuka setiap kali masalah datang.

Pintu itu adalah pintu untuk berkarya.

“Life is sometimes hard. Things go wrong, in life and in love and in business and in friendship and in health and in all other ways that life can go wrong. And when things get tough, this is what you should do. Make good art.”― Neil Gaiman, Make Good Art


Tepat seperti yang diungkapkan oleh Neil Gaiman, ketika segala sesuatunya terasa berat dan masalah terus datang, cobalah untuk berkarya. Buat karya yang indah, yang sempurna, yang datang dari lubuk hati paling dalam.

Baru saja kecelakaan atau sedang sakit dan hanya bisa berbaring di rumah sakit? Ambil kertas, pena, atau apapun, lalu buatlah sebuah karya. Bisa apa saja, tentang apapun.

Ketika baru dipecat dari pekerjaan atau mengalami kerugian besar saat menjalankan bisnis, luapkan energi negatif dan jadikan karya seni, bisa dalam bentuk lukisan atau bahkan sebuah lagu. Segala emosi negatif yang hadir ketika masalah datang bisa menjadi amunisi yang kuat untuk menciptakan sebuah karya.

Orang-orang mencela atau mencibir? Biarkan saja. Tak ada gunanya menghabiskan waktu meladeni orang-orang yang bisanya hanya berkomentar saja. Waktu kita terlalu berharga untuk dibuang-buang begitu saja. Akan lebih bermakna jika waktu yang kita punya kita gunakan untuk menciptakan sesuatu, karya yang indah.

Dulu punya pengalaman traumatis yang terus menghantui hari-hari Anda? Tak perlu dipendam atau malah diratapi. Ambil pelajaran dari pengalaman itu, lalu buatlah karya yang bisa menginspirasi dan mengubah banyak orang.

“The one thing you have that nobody else has is you. Your voice, your mind, your story, your vision. So write and draw and build and play and dance and live as only you can. The moment that you feel that just possibly you are walking down the street naked…that’s the moment you may be starting to get it right.”― Neil Gaiman, Make Good Art


Saat kita berani melangkah untuk membuka pintu untuk berkarya, kita bisa meluapkan semua emosi negatif dan perasaan sesak kita karena sebuah masalah yang kita hadapi. Sebuah karya yang dibuat dari hati, dari permasalahan pribadi, bisa saja akan menjadi sebuah maha karya yang akan menginspirasi lebih banyak orang.

Saatnya untuk membuka pintu, langkahkan kaki keluar. Jika di luar masih hujan, buka payung, lalu tegakkan diri untuk melangkah dengan lebih percaya diri. Cari inspirasi, kumpulkan ide-ide baru, gali makna dari pengalaman buruk atau masalah yang kita hadapi, lalu ciptakan sebuah karya, lahirkan sesuatu yang indah.

Pintu untuk berkarya akan selalu terbuka. Tinggal bagaimana kita membuat keputusan: berani melangkah untuk membukanya atau tetap berdiam diri meratapi masalah yang kita hadapi.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading