Sukses

Beauty

5 Tanda Anda Mengalami Stres Berat (dan Cara Seksi untuk Mengatasinya)

Oke, kita pasti pernah merasa tertekan dan stres. Hanya saja kita seringkali tidak menyadari bahwa stres yang kita alami sudah semakin parah dan berat. Terlambat menyadari bahwa stres tersebut sudah sangat berat bisa memperburuk kondisi kita baik secara fisik maupun mental. Jadi, sinyal apa sajakah yang perlu kita perhatikan untuk mengetahui tingkat stres yang kita alami?

Seperti yang dilansir oleh dailyburn.com, ada beberapa sinyal yang sebenarnya merupakan tanda bahwa kita sedang mengalami stres berat. Jika Anda menemukan sinyal-sinyal ini dari tubuh Anda, tak perlu khawatir karena ada cara-cara seksi untuk mengatasinya.

1. Terus Menerus Jatuh Sakit
Jatuh sakit setiap minggu, mulai dari batuk, pilek, hingga demam. Terus menerus jatuh sakit merupakan tanda bahwa kita sedang mengalami stres berat.

Richard Colgan, MD, profesor di University of Maryland School of Medicine menjelaskan bahwa saat berada dalam tekanan, tubuh kita akan mengeluarkan hormon stres bernama kortisol. Tapi jika Anda terus menerus merasa tertekan, hormon tersebut tidak bisa menjadi penolong Anda dan semakin lama akan semakin terkuras habis. Padahal kortisol ini merupakan komponen penting untuk sistem kekebalan tubuh. Jadi jika hormon ini terganggu, maka kita jadi rentan jatuh sakit.


2. Susah Berkonsentrasi
Hati-hati jika gila kerja dan sering stres. Akibatnya Anda jadi susah berkonsentrasi, mengingat hal-hal kecil pun jadi sesuatu yang sangat sulit. Penelitian menunjukkan bahwa stres berkepanjangan bisa merangsang perkembangan protein yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

3. Sakit Kepala Terus Menerus
Pelipis terasa berdenyut-denyut atau kepala terasa seperti dihantam palu berkali-kali? Itu tandanya Anda sedang merasakan stres berat. Jika rasa sakit kepala itu terasa parah sampai-sampai bisa membangunkan Anda di tengah malam, berhati-hatilah karena itu bisa jadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Apalagi jika disertai dengan masalah gangguan tidur yang Anda alami. Saat merasa sudah sangat lelah tapi mata tak bisa juga terpejam untuk tidur, bisa jadi itu karena pengaruh stres yang Anda rasakan.

4. Punggung dan Leher Terasa Pegal
Setelah bekerja seharian, rasa sakit yang Anda rasakan di punggung dan leher itu bisa jadi bukan hanya karena masalah duduk dalam waktu yang lama. Dr. Colgan mengungkapkan bahwa stres yang berlebihan bisa menciptakan rasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit otot.

5. Rambut Semakin Mudah Rontok
Bangun di pagi hari lalu mendapati banyak sekali rambut rontok, itu bisa jadi tanda Anda terkena alopecia areata. Penyakit tersebut merupakan penyakit kulit autoimun, penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut dan membuat rambut jadi semakin mudah rontok. Meskipun tidak tergolong penyakit yang sangat serius, tapi penyakit ini sangat berkaitan dengan stres berat yang dialami penderitanya.

Ada sejumlah cara seksi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres yang Anda alami. Beberapa diantaranya adalah:
  • Mandi berendam dengan air hangat.
  • Berhubungan seks (pastinya untuk Anda yang sudah memiliki suami).
  • Meluangkan waktu untuk jalan-jalan santai.
  • Mengenakan baju seksi yang paling nyaman saat di rumah.
  • Melakukan meditasi atau yoga.
  • Meminta pasangan Anda untuk memberikan pijatan sensual pada tubuh Anda.
  • Mengobrol dengan orang terdekat.
  • Menghabiskan waktu melakukan hobi atau kegiatan yang paling Anda sukai.

Memahami sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh tubuh bisa mempermudah kita untuk meredakan stres yang kita alami. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading