Sukses

Lifestyle

Anda Bisa dengan Mudah Jatuh Cinta pada Seseorang karena Hal-Hal Aneh Ini

Ladies, pernahkah Anda bertanya-tanya pada diri sendiri kenapa sih kok tiba-tiba jatuh cinta pada seseorang? Atau mungkin ada seseorang yang secara tidak terduga mengatakan bahwa ia jatuh cinta pada Anda padahal tadinya biasa-biasa saja? Ternyata, kita bisa jatuh cinta pada seseorang karena hal-hal aneh dan sepele. Misalnya saja karena melakukan kegiatan seru yang mengadu nyali, tinggal berdekatan, senyuman, baju warna merah, dan musik yang dimainkan. Dan ternyata ada alasan psikologis di baliknya. Penasaran? Simak penjelasannya di sini.

Melakukan Kegiatan yang Memompa Adrenalin Bersama
Dilansir dari lifehack.org, pada tahun 1974, Donald Dutton dan Arthur Aron ingin menguji hubungan antara ketertarikan seksual dan kegelisahan. Dalam penelitian mereka, dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology, mereka membagi para pria dalam dua kondisi berbeda. Kondisi pertama adalah pria yang berjalan di atas jembatan tinggi dan bergoyang-goyang. Sementara kondisi kedua adalah pria yang berjalan di atas jembatan rendah dan kokoh. Setelah itu, mereka bertemu dengan wanita yang menanyakan beberapa pertanyaan pada mereka dan memberikan nomor ponselnya. Hasilnya? Kelompok pria yang berjalan di atas jembatan tinggi ternyata adalah pria yang langsung menghubungi wanita yang ditemuinya dibandingkan dengan kelompok pria yang berjalan di atas jembatan rendah.

Para psikolog menyebut fenomena ini sebagai “misattribution of arousal”. Jadi jembatan yang tinggi tadi menciptakan semacam ada peningkatan rasa gelisah dalam diri, hanya saja para pria dalam kelompok tersebut salah mengira. Mereka mengira bahwa perasaan gelisah itu adalah karena adanya ketertarikan pada wanita yang ditemuinya.

Itulah kenapa banyak pasangan yang suka pergi ke taman bermain atau melakukan kegiatan yang memacu adrenalin bersama di kencan pertama. Karena rupanya kegiatan memacu adrenalin yang dilakukan bersama itu bisa membuat kita dengan mudahnya jatuh cinta.

Memainkan Musik
Gampang jatuh cinta dengan seseorang yang pintar bermain musik? Ternyata para peneliti di Perancis menemukan bahwa latihan bermain musik berkaitan dengan kecenderungan memilih sesuatu berdasarkan ketertarikan seksual. Dalam sebuah eksperimen, seorang pria muda membawa tempat gitar lalu ganti dengan tas olahraga kemudian meminta nomor ponsel 300 wanita muda di jalan. Hasilnya lebih banyak wanita yang memberikan nomor kepadanya ketika ia membawa tempat gitar.

Memakai Baju Merah
Ladies, tahukah Anda bahwa ketika wanita memakai warna merah secara tidak langsung ia sedang menarik perhatian pasangannya. Dengan kata lain warna merah juga bisa jadi pertanda ketertarikan seksual. Dalam sebuah studi penelitian Slovakia, wanita yang mengenakan warna merah cenderung lebih mudah dan berhasil dalam skenario permainan menemukan jodoh.

Tinggal Berdekatan
“Witing tresno jalaran soko kulino,” jatuh cinta karena sering berjumpa. Untuk jatuh cinta pada seseorang, kedekatan emosional bisa saja tak diperlukan. Yang diperlukan hanyalah dekat secara fisik. Menurut sebuah penelitian di MIT, dekatnya kamar asrama mereka bisa meningkatkan kedekatan mereka satu sama lain. Ini karena mereka memiliki banyak interaksi pasif, seperti bertemu sekilas ketika berpapasan di lorong, yang membuat mereka merasa lebih dekat. Hal ini disebut juga sebagai “mere exposure effect” yang menyatakan bahwa perasaan familiar memiliki peran besar untuk bisa merasa tertarik satu sama lain.

Satu lagi, kita bisa dengan mudahnya tertarik pada seseorang yang lebih banyak tersenyum. Para peneliti di Swiss meneliti hubungan antara ketertarikan dan kebahagiaan. Mereka pun menemukan bahwa penilaian orang-orang tentang rasa tertarik itu sangatlah dipengaruhi oleh seberapa banyak senyuman yang muncul di wajah. So, kalau Anda tiba-tiba jatuh cinta pada seseorang yang sering terlihat tersenyum, ternyata itu adalah hal yang sangat lumrah.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading