Sukses

Lifestyle

Sering Tak Disadari, Tapi Inilah Ciri-Ciri Orang Introvert

Oleh: Endah Wijayanti (@endawia)

Di dunia ini, tak ada orang yang diciptakan dengan karakter dan sifat yang sama persis satu dengan lainnya. Ada orang yang mudah marah, ada yang sangat penyabar. Ada yang suka bekerja sebagai pegawai kantoran, ada juga yang lebih suka menjalankan bisnis sendiri. Bahkan ada yang sangat piawai membuat suasana ramai, tapi ada juga yang lebih senang menikmati waktu sendiri.

Di masyarakat, sering ada anggapan bahwa orang yang suka menikmati waktunya sendiri itu adalah orang yang pemalu atau pendiam. Padahal belum tentu seperti itu. Orang yang biasanya lebih suka menyendiri untuk mengisi ulang energinya itu biasa disebut introvert. Dilansir dari lifehack.org, sering terjadi miskonsepsi antara orang introvert dan orang pemalu. Banyak yang menganggap orang yang lebih menyukai kesunyian itu adalah orang yang tertutup dan pemalu. Padahal tak selalu begitu. Bisa jadi orang yang lebih suka merenung atau lebih suka bertindak tanpa banyak bicara itu adalah orang introvert.

Nah, untuk tahu lebih dalam orang yang disebut introvert, yuk kita intip ciri-cirinya dalam uraian ini. Seringkali seseorang (bisa jadi Anda atau orang terdekat Anda) tak menyadari bahwa sebenarnya dirinya adalah orang introvert dan perlu juga diketahui orang introvert itu bukan orang yang memiliki kecacatan karakter. Ia hanyalah orang yang berbeda dengan kelebihan dan keunikannya tersendiri.

(vem/nda)

Keramaian Sangat Menguras Energi

Konser, konferensi, arena olahraga, atau arena balapan seringkali bukan tempat favorit orang introvert. Tempat-tempat penuh keramaian seringkali membuat orang introvert tak merasa nyaman. Bahkan keramaian bisa membuat energi mereka cepat terkuras. Dan ini bukanlah suatu kelainan karena orang introvert lebih mudah mengembalikan energi mereka di tempat yang tenang.

Bertemu orang-orang baru juga cukup sering membuat orang introvert merasa canggung. Ia baru akan membuka diri kepada orang-orang yang sudah dikenal dan dipercaya. Tapi bukan berarti semua orang introvert itu tak percaya diri, hanya saja cara bergaul mereka berbeda. Namun ketika mereka sudah menemukan orang yang tepat dan nyaman, mereka bisa mempertahankan hubungan tersebut dalam jangka waktu yang sangat lama.

Orang yang Setia

Pada umumnya orang introvert itu sangat setia dan jujur. Kenapa? Ini karena energi orang introvert berasal dari dalam diri mereka, mereka jadi lebih mudah untuk mengungkapkan kejujuran dan semua tindakan yang dilakukan pun benar-benar berasal dari diri mereka sendiri.

Dan cukup mengejutkan karena ternyata orang introvert sangat suka bergaul dengan orang ekstrovert. Penyebabnya adalah karena bergaul dengan orang berkarakter berbeda bisa memberikan keseimbangan hidup. Orang introvert juga sesekali butuh keramaian dan begitu pula dengan orang ekstrovert yang sesekali juga memerlukan waktu untuk menyendiri dalam sunyi.

Meskipun orang introvert bisa sangat setia, tapi mereka juga tidak mudah mempercayai orang lain. Orang introvert butuh waktu untuk bisa benar-benar meyakinkan diri sendiri bahwa orang yang sedang berinteraksi dengannya benar-benar dapat dipercaya atau tidak.

Butuh Waktu untuk Sendiri

Inilah kenapa banyak orang introvert yang sering dianggap tertutup dan pendiam. Berbeda dengan orang ekstrovert, orang introvert selalu butuh waktu untuk sendiri. Tapi sendiri di sini bukan berarti ia senang merasa kesepian. Bagi orang introvert, waktu untuk sendiri berarti adalah waktu untuk mengisi ulang energi dan tenaga. Tak heran orang introvert bisa langsung kembali bersemangat setelah me-recharge energi mereka dengan menikmati waktu seorang diri.

Banyak orang introvert yang suka menulis. Menulis (dalam suasana sunyi, seorang diri) bisa menjadi cara untuk menyelami pikiran dalam diri. Selain itu menulis juga jadi cara untuk menyembuhkan diri dari sesuatu yang tak nyaman.

Seringkali orang introvert adalah orang yang paling bisa memaknai arti keseimbangan hidup. Ia tahu kapan saat yang tepat untuk menyendiri dan kapan yang tepat untuk bersosialisasi.

Perencana yang Baik

Orang introvert cenderung lebih suka membuat rencana yang baik dan detail sebelum melakukan sesuatu. Membuat rencana ini bisa sangat membantu orang introvert untuk memastikan bahwa segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Selain itu, orang introvert biasanya paling tahu apa yang sebenarnya ia inginkan beserta alasan kenapa mereka menginginkan hal tersebut. Itulah kenapa orang introvert juga suka melakukan hal-hal baru tanpa harus terpengaruh pada keputusan atau keinginan orang lain. Hmm, sepertinya memang sedikit keras kepala ya?

Apakah Anda memiliki ciri-ciri ini? Atau mungkin Anda mengenal seseorang yang sepertinya memiliki ciri-ciri seperti yang diuraikan di artikel ini?

Siapapun Anda, karakter atau sifat apapun yang Anda miliki, tetaplah fokus pada kekuatan dan kelebihan Anda. Setiap orang punya keunikannya tersendiri, jadi tetaplah jadi diri Anda sendiri dan terus tingkatkan kualitas diri Anda setiap hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading