Sukses

Lifestyle

Saat Aku Meragukan Diriku Sendiri, Ini yang Akan Kulakukan

Tak berani memilih karier yang ideal. Takut membuka bisnis baru. Ragu untuk mulai bicara dengan orang lain. Tak bisa membuat pilihan karena takut akan salah jalan. Atau mungkin sama sekali tak punya nyali untuk keluar dari zona nyaman. Ladies, tahukah Anda apa akar dari semua hal tersebut? Akar masalahnya adalah karena tak memiliki rasa percaya kepada diri sendiri. Keraguan yang dirasakan dalam diri sendiri bisa menahan diri kita untuk melangkah ke depan menuju kesuksesan.

Apa yang harus kulakukan ketika aku meragukan diriku sendiri?

Perlu diketahui bahwa setiap orang pasti pernah merasa ragu terhadap dirinya sendiri. Bahkan tak ada yang benar-benar bisa merasa bebas dan berani sepanjang hidupnya. Ini semua tergantung dari bagaimana Anda menerima dan menyikapinya.

"The trick is that I learned it’s completely fine to try and fail, to put yourself out there and not be perfect, to say hello to someone and have them not instantly love you, to create something and have people judge you." -Leo Babuta, ZenHabits.net


Ketika rasa ragu melanda diri Anda, ijinkan diri Anda untuk memantapkan diri bahwa tak ada salahnya untuk mencoba dan gagal. Anda tak harus selalu bisa menjadi sempurna di percobaan pertama. Selain itu, Anda juga boleh-boleh saja untuk membiarkan orang lain menilai diri Anda dari sudut pandang mereka.

Segala hal yang selama ini Anda anggap negatif seperti kegagalan, kesalahan, dan ketidaksempurnaan, semua itu sebenarnya positif. Lho kok positif? Iya, karena dari kegagalan atau kesalahan tersebut, kita bisa tahu apa yang harus kita perbaiki dari dalam diri dan hal apa yang perlu kita hindari agar tak melakukan kesalahan yang sama.

Untuk bisa berdamai dengan rasa ragu terhadap diri sendiri yang sering menyergap, ada latihan yang bisa kita lakukan. Semakin sering kita melakukan latihan ini maka akan semakin mudah diri kita nantinya untuk mengatasi keraguan dalam diri kita.

1. Lakukan berbagai hal yang selama ini sering Anda hindari.
Cara ini bisa membantu Anda untuk mengungkap fakta bahwa Anda ternyata jauh lebih kuat dari yang selama ini Anda pikirkan. Meski tak semuanya bisa berjalan mulus, tapi setidaknya Anda sudah berproses untuk menjadi seseorang yang lebih baik hingga rasa ragu terhadap diri sendiri itu bisa terkikis dengan sendirinya.

2. Berani untuk gagal.
Memang tak ada yang mau hidup penuh dengan kegagalan. Tapi ketika Anda gagal, Anda bisa memiliki satu amunisi baru untuk berusaha meningkatkan diri Anda. Setidaknya Anda tahu bahwa ada kesalahan yang Anda buat dan kesalahan itu tak akan terulang lagi ketika Anda sudah percaya dengan diri Anda.

3. Ingatlah orang-orang terdekat Anda.
Mungkin orang-orang terdekat Anda punya ekspektasi dan harapan tersendiri kepada diri Anda. Jadi jangan kecewakan mereka. Buktikan bahwa Anda bisa membuat orang terdekat Anda bangga dan bahagia dengan mulai mempercayai diri Anda sendiri bahwa Anda bisa melakukannya.

4. Ingat kembali tujuan hidup Anda.
Saat Anda mulai kembali fokus mengingat tujuan hidup Anda, Anda pasti bisa menemukan arah Anda lagi untuk jalan ke depan. Rasa ragu dalam diri Anda pun bisa ditepis saat Anda tahu bahwa akan selalu ada jalan yang bisa Anda pilih untuk diri Anda.

“Life is doubt. And faith without doubt is nothing but death.” ― Miguel de Unamuno. Rasa ragu adalah bagian dari hidup dan diri Anda. Anda hanya perlu menerimanya dan menjadikannya pijakan untuk bisa melangkah dengan langkah yang lebih mantap dari sebelumnya.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading