Sukses

Beauty

Perlukah Anda Melakukan Tes Kesehatan Pranikah?

Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan untuk pasangan yang mau menikah. Mulai dari persiapan untuk pesta pernikahan hingga mempersiapkan kesehatan calon pengantin. Termasuk juga kesehatan alat dan organ reproduksi dengan melakukan cek kesehatan pranikah terutama bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan.

Nah, pada pemeriksaan kesehatan pranikah, tidak hanya wanita yang dicek kesuburan dan alat reproduksinya. Pria pun akan diminta melakukan hal serupa. Tujuannya, agar dapat terlihat seberapa baik atau buruknya organ reproduksi yang dimiliki pria maupun wanita. Bila nantinya ditemukan penyakit atau gangguan, maka pengobatannya pun bisa segera dilakukan.

Berikut ini merupakan pemeriksaan kesehatan pranikah yang biasanya dijalani oleh pasangan yang akan menikah:

  • Pemeriksaan organ reproduksi untuk mengetahui ada tidaknya masalah dengan organ reproduksi.
  • Pemeriksaan kromosom yang meliputi pengecekan terhadap kualitas sperma. Pasalnya, kualitas sperma yang jelek dapat memengaruhi pembuahan dan bisa menyebabkan bayi cacat, keguguran, dan masalah kehamilan lainnya.
  • Pemeriksaan ada tidaknya penyakit menular seksual (IMS) seperti HIV atau penyakit menular lainnya.
  • Pemeriksaan TORCH yang meliputi toxoplasma yang disebabkan parasit toxoplasma, virus rubella, dan virus herpes yang bisa menyebabkan cacat janin dan kelahiran prematur.
  • Cek darah juga disarankan oleh tim medis sebab sering terjadi gangguan pada darah.
  • Pemeriksaan ini juga meliputi pemantauan gula darah dan pengecekan diabetes mellitus dan kadar kolesterol.
  • Pemeriksaan seluruh organ tubuh. Misalnya, pemeriksaan fungsi hati dan ginjal untuk mengetahui kemungkinan adanya peradangan hati atau hepatitis B.

Pemeriksaan pranikah ini juga untuk meminimalkan segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi di masa depan. Jadi, jika Anda dan pasangan akan segera menikah, disarankan untuk melakukan cek kesehatan pranikah.

 

Oleh: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading