Sukses

Lifestyle

Stop Menekan Diri Sendiri, Yuk Berdamai Dengannya

"Kamu sakit? Bangun! Sakit gitu aja, kok. Jangan manja, deh!"
"Turunkan berat badanmu! Rok mahal itu sia-sia dong kalau kamu makin gendut."

Apakah hal ini terdengar familiar bagi Anda? Akan lebih mudah bagi kita menyangkal atau bersikap cuek jika orang lain mengatakan hal-hal negatif pada kita. Tetapi bagaimana jika justru diri sendiri yang melakukannya?

Berbicara hal negatif pada diri sendiri biasanya terjadi saat kita tidak bisa memenuhi harapan yang telah digantungkan. Meskipun begitu, bersikap tidak baik pada diri sendiri justru membahayakan diri Anda. Ada banyak hal yang sering tidak kita sadari justru menekan diri sendiri, misalnya:

    Terlalu Banyak Rencana

    Meskipun hidup itu pendek, bukan berarti Anda harus merencanakan segala sesuatunya dengan ketat. Mulai dari rencana kehidupan hingga bagaimana Anda akan menghabiskan waktu di akhir pekan. Jika Anda gagal menepati rencana-rencana tersebut, kekecewaan muncul dan membuat diri semakin tertekan untuk 'menghukum' diri sendiri.

    Terlalu Bekerja Keras

    Kerja keras wajib dilakukan setiap manusia yang ingin mewujudkan mimpinya. Tetapi jika Anda memaksa diri bekerja siang-malam, mengorbankan keluarga dan kesehatan, lama-kelamaan rasa jenuh dan capek akan menyerang. Kemudian muncul pertanyaan, "Untuk apa aku melakukan ini semua?" karena sekalipun Anda bekerja keras, Anda tak merasa bahagia.

    Terlalu Perfeksionis

    Semua hal yang sempurna yang kita lihat di media membuat kita terobsesi. Tak masalah mengidolakan seseorang atau suatu hal, tetapi jangan sampai ini membuat Anda tidak mencintai diri sendiri. Setiap hal punya dua sisi, baik dan buruk. Berdamai dengan segala baik-buruk akan membuat hidup menjadi ringan dijalani.

    Menyalahkan Diri Sendiri

    Kegagalan bisnis, perceraian, kecelakaan ... ada banyak kejadian yang terkadang tak bisa kita kendalikan. Ingin rasanya kembali memutar waktu saat semuanya baik-baik saja. Namun sayangnya, hal tersebut takkan mungkin terjadi. Masa lalu telah terjadi, yang bisa kita lakukan saat ini adalah berhenti menyalahkan diri sendiri dan belajar agar tak terjadi lagi.

"People can be more forgiving than you can imagine. But you have to forgive yourself. Let go of what's bitter and move on." - Bill Crosby"

Bukalah mata dan jadikan hari esok adalah hari baru bagi Anda. Ada banyak harapan dan keinginan yang tak terkabul saat kita dewasa, tetapi masih banyak pula hal yang patut kita syukuri dan bisa kita bangun. Terutama dari dalam diri sendiri. Let's everyday be a new start for you, Ladies.



(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading