Sukses

Lifestyle

5 Alasan Kenapa Banyak Orang yang Tak Mau Menikah di Usia 20-an

30s is the new 20s, begitulah pendapat sejumlah orang di generasi saat ini. Dan hal itu juga yang membuat sebagian orang lebih memilih untuk menunda pernikahan mereka. Tapi kenapa ya banyak orang yang tak mau menikah di usia 20-an?

    Masih Mengejar Karier

    Usia 20-an adalah usia yang sedang genting-gentingnya membangun karier. Seseorang rela menunda pernikahannya dengan alasan ingin membangun karier dan mapan dulu. Apalagi dengan adanya peluang dan kesempatan kerja yang baru dan lebih menjanjikan, demi kehidupan pernikahan yang baik, seseorang bisa menjadikan alasan "sedang mengejar karier dan mapan" untuk menunda pernikahannya.

    Belum Puas Menikmati Waktu Sendiri

    Pernikahan bukan hal yang main-main. Ada komitmen dan tanggung jawab baru di dalamnya. Itulah kenapa sejumlah orang merasa belum siap untuk menuju jenjang pernikahan karena mereka belum siap untuk mendapatkan peran baru. Dan mumpung masih berusia 20-an, ada banyak kesempatan yang mungkin tak bisa diperoleh jika sudah menikah nanti.

    Masih Ada Banyak Tanggung Jawab Lain

    Tanggung jawab seperti masih ingin bekerja keras untuk menyekolahkan adik-adik atau membantu menyokong kehidupan ekonomi keluarga juga sering dijadikan alasan kenapa seseorang mau menunda pernikahannya. Prioritas menjadi perhitungan sendiri bagi seseorang yang merasa sudah cukup umur untuk menikah.

    Ada Rasa Takut dan Cemas

    Takut nanti tidak bisa hidup bahagia. Takut kebebasan jadi terampas. Takut terkekang. Sejumlah rasa takut dan cemas juga menjadi alasan kenapa seseorang menunda pernikahannya. Mungkin rasa trauma akan kisah cinta sebelumnya atau melihat pengalaman kegagalan pernikahan orang terdekat membentuk rasa takut itu.

    Masih Belum Mencapai Impian Terbesar

    Impian yang belum tercapai ternyata juga bisa membuat seseorang memutuskan untuk menunda pernikahannya. Perjalanan panjang dan jatuh bangun untuk menggapai impian bahkan bisa membuat seseorang menomorduakan atau mengabaikan pernikahan.

Setiap orang punya keputusan dan alasannya sendiri untuk tidak terburu-buru menikah. Anda juga pasti punya pendapat sendiri tentang lima alasan di atas. Terlepas dari semua hal, setiap orang punya hak untuk menentukan arah hidupnya dan bahagia dengan caranya sendiri.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading