Sukses

Parenting

Persiapan Pernikahan Islam: Ketahui Adab Walimah (I)

Walimah alias resepsi pernikahan merupakan prosesi yang wajib ada dalam pernikahan islam. Nah, dalam rangka persiapan pernikahan islam, ladies perlu mengetahui poin-poin adab walimah menurut syariat islam.

Resepsi pernikahan adalah sebuah tradisi yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Pada pernikahan putrinya, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya pada perkawinan harus diadakan walimah".

Dalam menyelenggarakan acara resepsi pernikahan, ada beberapa adab yang perlu diperhatikan agar acara resepsi pernikahan ladies berjalan sesuai dengan syariat islam. Berikut ini adalah beberapa poin adab walimah yang dikutip dari laman republika.co.id.

Pertama, miliki niat bahwa acara walimah yang anda selenggarakan merupakan ajang untuk melaksanakan sunah Rasul dan memberi makan kepada banyak orang. Niat walimah yang benar ini akan dihitung menjadi amal saleh.

Selanjutnya, selenggarakan acara walimah sesuai dengan kemampaun finansial anda. tidak ada keharusan bahwa acara walimah harus diselenggarakan secara mewah. Dalam HR Al-Bukhari no. 5167 dan Muslim no. 3475, dalam laman cinikironk.blogspot.com, disebutkan bahwa ““Selenggarakanlah walimah walaupun dengan hanya menyembelih seekor kambing.” Hal ini mencerminkan bahwa walimah bisa dilaksanakan meskipun secara sederhana saja dengan hidangan seadanya.

Adab walimah yang ketiga adalah undanglah kerabat, tetangga, dan saudara-saudara yang seagama. Hal ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesame manusia.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading