Sukses

Parenting

Persiapan Pernikahan Islam: Ketahui Adab Walimah (II)

Mempersiapkan acara walimah termasuk dalam bagian persiapan pernikahan islam yang harus dilakukan sesuai syariat islam. Ada beberapa hal yang perlu di-highlight sehubungan dengan menyelenggarakan acara walimah alias resepsi pernikahan.

Dalam mengundang orang-orang yang datang dalam acara walimah, ladies tidak diperkenankan untuk membeda-bedakan. Artinya, baik kaya maupun miskin, selama mereka adalah kerabat, tetangga, dan sejawat seagama, mereka harus diundang.

Dan walimah yang hanya dihadiri oleh orang-orang kaya saja akan mengakibatkan hidangan walimah yang disajikan dianggap sebagai makanan yang buruk. Seperti dikutip dari laman republika.co.id, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Seburuk-buruknya hidangan adalah makanan walimah, yang diundang untuk menghadirinya hanyalah orang-orang kaya, sedangkan orang-orang fakir tidak diundang..." (HR Bukhari-Muslim).

Adab walimah selanjutnya yang juga perlu ladies ketahui adalah adanya aturan untuk memisahkan antara tamu laki-laki dan tamu perempuan. Jadi, seperti menurut laman eramuslim.com, tamu wnaita hanya memberi selamat kepada pengantin wanita dan tamu pria memberi ucapan selamat kepada mempelai pria saja.

Selanjutnya, dalam acara walimah juga tidak diperkenankan untuk memutar lagu-lagu maupun menghadirkan penyanyi. Alat-alat musik pun tidak diperkenankan untuk dimainkan dan dibunyikan, kecuali rebana. Opsi lain untuk hiburan walimah adalah nasyid-nasyid islamiyah yang dilagukan tanpa menggunakan alat musik.

Oleh; Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading