Sukses

Parenting

Mitos Mengulangi Bacaan Akad Nikah

Ladies, semua orang mungkin sudah tak asing lagi dengan bacaan akad nikah itu seperti apa. Bacaan akad nikah atau biasa yang disebut dengan ijab qobul merupakan salah satu dari rukun nikah yang paling menentukan dalam menjadikan sesuatu yang haram menjadi halal.

Suatu pernikahan tidak akan sah jika ijab dan qobul tidak dilakukan. Bicara mengenai ijab dan qobul, ternyata ada mitos yang beredar seperti dilangris pada situs zero.intikali.o, ternyata ada semacam mitos atau desas-desus di masyarakat yang konon katanya bila dalam proses ijab qobul sampai mengulang beberapa kali, maka biasanya pernikahan tersebut tidak langgeng atau terjadi perceraian.

Tapi jangan langsung percaya begitu saja ya. Sebab sudah dijelaskan pada situs voa-islam.com, bahwa tidak ada kaitannya mitos tersebut dengan perceraian seseorang. Memang belum pernah ada survey atau penelitian yang mengaitkan antara ijab qobul yang berulang, dengan kelanggengan sebuah pernikahan.

Mengapa bisa muncul mitos seperti itu ya? Tapi Anda sebagai orang yang tahu tentang agama, selayaknya Anda jangan langsung mempercayai mitos yang tidak ada dasarnya tersebut. Tidak ada satupun yang bisa memastikan apakah ijab qobul 1x, 2x atau 3x, bisa langgeng atau tidak. Justru mitos inilah yang sering menjadi beban mental bagi para mempelai dan keluarganya saat prosesi ijab qobul.

Namun tentu saja ada baiknya bagi siapa saja yang akan menikah, hendaknya berlatih mengucapkan lafads qobul, menyiapkan mental, meneguhkan niat untuk menikah karena Allah Ta’ala. Niscaya proses ijab qobul dengan pasangan Anda akan lancar, dan pada akhirnya membahagiakan semua orang, termasuk Anda dan pasangan baru Anda.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading