Sukses

Parenting

Fakta dibalik Mitos-Mitos Acara Akad Nikah (2)

Akad nikah merupakan momen penting dalam pernikahan terutama proses ijab kabul yang sering menjadi momok bagi kaum pria yang akan menikah. Biasanya karena adanya aturan-aturan yang mengekang seorang mempelai pria mengucapkan kabul (terima) yang menyebabkan kesalahan tidak perlu. Berikut ini mitos-mitos yang biasa kita dalam acara akad nikah yang sakral.

Kalau ada yang menyatakan kalau ucapan ijab kabul lebih utama menggunakan bahasa tertentu, itu tidak sepenuhnya benar, Ladies. Karena seperti dilangsir oleh blog sabdaislam.blogspot.com bahasa yang digunakan dalam akad nikah sama sekali tidak mempengaruhi sah atau tidaknya sebuah akad nikah. Yang penting ucapan ijab dan kabul ini jelas dan tidak ada pernyataan-pernyataan tambahan lain di antara keduanya.

Berikutnya yang membuat ijab kabul menjadi menegangkan karena adanya anjuran untuk melafadzkan dalam satu tarikan nafas saja. Padahal menurut www.konsultasisyariah.com tidak ada anjuran untuk mengucapkan ijab kabul dalam sekali nafas bahkan cenderung memaksakan. Karena inti dari ijab kabul adalah pernyataan kesediaan melepas putrinya bagi wali nikah dan kesediaan untuk menerima dari pengantin laki-laki.

Ladies juga pasti sering mendengar kalimat “…dibayar..Tuunai!” pada saat ijab kabul. Ternyata pada kenyataannya mas kawin tidak harus dibayarkan tunai pada saat itu juga lho, Ladies. Dituliskan dalam laman id.wikibooks.org, bagi calon mempelai yang memiliki keterbatasan ekonomi maka diperbolehkan menyicil mas kawin tersebut.

Hmm, ternyata sebenarnya banyak sekali kemudahan dalam akad nikah ya? Bagaimana Ladies? Sudah siap untuk mengajak pasangan anda ke tahap berikutnya?

Oleh: Mud A. W

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading