Sukses

Lifestyle

Nincak Endog, upacara pemecahan telur di pernikahan adat Sunda

Upacara pernikahan adat Sunda memiliki banyak prosesi Ladies. Namun, semua proses memiliki makna dan keunikan masing-masing.

Salah satunya adalah nincak endog. Prosesi ini akan dilakukan setelah kedua mempelai melakukan akad nikah. Nincak endog ini melambangkan kemampuan mempelai laki laki untuk memberikan keturunan bagi generasi keluarga.

Seperti yang dijelaskan di laman webway.com.au , hal hal yang perlu disiapkan di dalam prosesi nincak endog adalah satu kendi berisi air, sebuah telur mentah, satu papan kecil bambu, dan handuk. Mempelai laki laki akan memecahkan telur tersebut dengan cara menginjak papan bambu yang di bawahnya terdapat telur mentah.

Kaki yang digunakan adalah kaki sebelah kanan. Mengapa bukan kaki kiri ya Ladies? Hal ini dikarenakan orang meyakini bahwa kanan adalah arah menuju kebaikan.

Setelah mempelai pria memecahkan telur, mempelai wanita akan membersihkan kaki suaminya dengan air menggunakan kendi. Kemudian kedua mempelai akan memcahkan kedi tersebut bersama sama.

Prosesi ini melambangkan bahwa mempelai perempuan akan menaati sang suami mulai dari detik itu. Dan mempelai perempuan tidak akan melukai sang suami dengan pikiran pikiran negatif.

Unik kan prosesi ini Ladies. Prosesi ini akan mengundang gelak tawa karena akan banyak banyolan banyolan tentang sex. Hal ini menjadi satu alasan bahwa tradisi pernikahan adat sunda sangat unik dan indah kan.

Oleh: Agatha Adventina K

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading