Sukses

Lifestyle

Upacara Tukar Kalpika dalam Pernikahan Adat Jawa

Ladies, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan upacara liru kalpika atau tukar kalpika dalam pernikahan adat jawa?

Jika Anda belum tahu, berikut akan dijelaskan mengenai liru kalpika nih Ladies. Liru kalpika atau tukar kalpika merupakan salah satu tradisi yang memang harus dilakukan dalam sebuah pernikahan bukan hanya dalam pernikahan adat jawa, tetapi di semua jenis pernikahan tradisi ini selalu ada loh Ladies.

Tradisi liru kalpika merupakan tradisi tukar cincin Ladies. Dalam upacara ini kedua pengantin saling menukarkan cincin dan memindahkan cincin dari jari manis kiri ke jari manis kanan. Hal ini mengandung makna bahwa kedua pengantin telah memadu kasih sayang untuk mencapai hidup bersama-sama sampai akhir hayat nanti.

Setelah acara tukar cincin selesai kemudian dilanjutkan dengan upacara kacar-kucur, yaitu sebuah upacara adat jawa dimana pengantin pria menuangkan beberapa bahan seperti beras, kedelai, dan lain-lain ke sebuah sapu tangan yang dipegang pengantin wanita.

Menurut laman maxx.brides.com, hal ini menandakan bahwa jika nanti mereka berkeluarga, pengantin pria sebagai pemimpin rumah tangga akan memberi nafkah kepada istrinya dan seorang istri harus menjadi istri yang baik dan tidak menghambur-hamburkan harta benda mereka Ladies.

Namun Ladies, tukar kalpika tidak hanya terdapat dalam acara pernikahan. Pasalnya, dalam acara pertunangan juga disertai dengan prosesi tukar cincin. Jadi liru kalpika tidak hanya dalam pernikahan ya, namun juga terdapat dalam acara pertunangan sebelum pernikahan.


Oleh : Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading