Sukses

Lifestyle

Prewedding Islami Dalam Bentuk Mandi Suci

Ladies, jika Anda menengok adat kejawen yang bener- bener kental budaya Jawa-nya nih, Anda pasti akan menyaksikan calon pengantin wanita sedang dimandikan. Tujuannya sih katanya untuk mensucikan calon pengantin. Begitu juga dalam dalam islam. Pelaksanaan prewedding islami dalam bentuk ritual mandi suci.

Memang sih, tidak semua orang islam melakukan acara prewedding seperti ini. Setiap kelompok tertentu memiliki acara dan ritual masing- masing seperti yang mereka yakini.

Nah Ladies, seperti yang dilansir kembali dari situs khusus pernikahan islam wedding.theknot.com, ritual prewedding dalam bentuk mandi suci hanya terjadi di beberapa negara saja. Negara- negara yang melakukan ritual ini antara lain Mesir, Pakistan Punjabi, dan Moroko.

Di negara Mesir nih Ladies, calon pengantin wanita biasanya turun dan mandi di sungai Nil sebelum pelakasanaan pesta pernikahan. Sementara di beberapa desa tradisional di Pakistan Punjabi, pelaksanaan ritual mandi suci hampir sama dengan di Jawa dan acara 7 bulanan orang hamil. Para keluarga dan kerabat dekat berkumpul dirumah calon pengantin wanita untuk menyaksikan ritual mandi suci tadi.

Nah, kalau di negara Moroko, calon pengantin wanita menghabiskan beberapa hari sebelum pernikahan untuk mensucikan dirinya dengan cara mendatangi rumah pemandian bersama keluarga dan kerabat. Bahkan Ladies, ritual mandi suci di Moroko ini juga dihibur oleh musik dan tarian yang meramaikan rumah pemandian tadi. Cukup menarik ya?

Sedangkan tujuannya nih, semua sama. Ingin mensucikan kembali calon pengantin wanita sebelum menikah. Lantas, bagaimana dengan pengantin pria ya?

Oleh : Rannie

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading