Sukses

Lifestyle

Prewedding Islami Di Negara India

Ladies, Anda percaya tidak bahwa kunyit bisa mengembalikan kebersihan seorang wanita? Percaya atau tidak, ritual ini sering dilakukan oleh wanita India sebagai bentuk prewedding islami di negara mereka.

Sebenarnya ritual ini tidak murni ada dalam islam. Seperti yang Anda ketahui Ladies bahwa negara India masih kental akan adat dan kebudayaan hindu budha mengingat dari sanalah kedua agama tersebut berasal. Jadi, meskipun agama islam sudah masuk ke India, tidak serta merta mereka merombak kebiasaan agama lama mereka yang sudah lama mereka yakini. Makanya, tidak heran jika terdapat percampuran kebudayaan yang melibatkan keagamaan disana.

Seperti yang dilansir kembali dari laman wedding.theknot.com nih Ladies, salah satu contoh perpaduan antara agama islam dengan kebudayaan hindu budha yaitu turmeric ceremony yang juga disebut sebagai Gae Halud di Bangladesh ini. Perayaan ini dilakukan baik oleh calon pengantin pria maupun calon pengantin wanita di tempat terpisah.

Pada ritual ini, keluarga dari mempelai pria kecuali calon pengantin pria datang pada calon pengantin wanita dengan membawa perhiasan. Calon pengantin wanita menyambutnya dengan menggunakan sari berwarna kuning dengan bordir merah. Ibu dari mempelai pria memasangkan kalung pada calon pengantin wanita tersebut sebagai simbol pertunangan.

Sedangkan para tamu datang mendekati calon pengantin wanita sambil mengoleskan kunyit pada wajahnya sebagai simbol memberkahi dan mengembalikan kebersihan calon pengantin wanita. Disamping itu Ladies, kunyit tadi dipercayai mampu membersihkan kulit calon pengantin wanita agar nantinya bersinar saat pesta pernikahan.

Oleh : Rannie

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading