Sukses

Lifestyle

Prosesi Ijab Kabul dalam Pernikahan Adat Jawa

Pelaksanaan ijab kabul dalam pernikahan adat jawa merupakan hal yang paling ditunggu dan sangat penting. Ijab kabul dilakukan sesuai dengan agama yang dianut pengantin Ladies. Jadi, tentu saja dalam pengucapan ijab kabul antara agama yang satu dengan agama yang lainnya berbeda-beda.

Dengan melakukan ijab kabul mereka akan sah menjadi sepasang suami istri dan pernikahan mereka akan tercatat serta diakui oleh negara secara sah menurut hukum Ladies.

Tahukah Ladies, ijab kabul sebenarnya bukan hanya dikenal dalam akad nikah tetapi juga dalam jual beli. Yakni ketika si penjual dan pembeli melakukan transaksi dan kesepakatan. Mungkin lebih tepatnya adalah ucapan kesepakatan antara dua belah pihak nih Ladies.

Menurut hudsonvalleyweddings.com dalam akad nikah sendiri ijab kabul dilakukan antara seorang penghulu (orang tua mempelai wanita) dengan mempelai pria. Dalam hal ini orang tua mempelai wanita telah rela melepas putrinya untuk dinikahi oleh seorang pria. Sedangkan mempelai pria menerima mempelai wanita untuk dinikahi.

Pada acara ijab kabul mempelai pria diberi kesempatan untuk menjawab sebanyak tiga kali. Jika mempelai pria menjawab jawaban yang salah lebih dari tiga kali maka pernikahan tersebut dikatakan tidak sah loh Ladies.

Setelah melakukan ijab kabul dan saksi mengatakan sah, maka kedua mempelai telah resmi menjadi suami istri nih Ladies. Pengantin pria biasanya mencium kening pengantin wanita Ladies. Dan pengantin wanita mencium tangan pengantin pria yang sekarang telah sah menjadi suaminya.

Oleh Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading