Sukses

Lifestyle

Upacara Sungkeman dalam Pernikahan Adat Jawa

Ritual sungkeman merupakan ritual yang tidak boleh dilewatkan dalam acara pernikahan adat Jawa. Acara ini merupakan salah satu acara yang sakral dimana kedua mempelai meminta restu pada kedua orang tua mereka.

Prosesnya dimulai dari sungkeman kepada orang tua pengantin wanita, lalu kemudian sungkeman kepada orang tua ppengantin pria. Ketika melakukan sungkeman kedua mempelai pengantin berjongkok dan seolah-olah menyembah kedua orang tua mereka.

Ladies, setelah kedua mempelai jongkok dan menundukkan kepalanya. Kedua orang tua mereka mengulurkan tangan kanannya untuk dijabat dan dicium. Sedangkan tangan kiri orang tua mereka mengelus kepala kedua mempelai.

Ketika kedua mempelai melakukan sungkeman Ladies, semua atribut seperti keris dipegang oleh perias namun dikembalikan dan dipakai kembali oleh pengantin setelah acara sungkeman selesai.

Ladies, tahukah Anda apa arti dari ritual ini?

Menurut home.online.nl ritual ini memiliki makna sebagai simbol seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Dan juga meminta maaf dan mengucapkan terimakasih karena selama ini telah banyak memberi, mengasihi, dan merawat putra putrinya.

Selain itu, juga sebagai ucapan terimakasih karena orang tua senantiasa membimbing dengan penuh perhatian dan memberi nasihat agar bisa mencapai kehidupan yang bahagia di masa mendatang.

Ladies, pada saat acara sungkeman kedua orang tua mempelai biasanya mengenakan kain batik yang bermotif truntum. Selain itu mereka juga menggunakan ikat pinggang yang besar yang disebut sindhur.

Sebenarnya dengan simbol tersebut kedua orang tua pengantin telah merestui mereka loh Ladies. Pasalnya, motif truntum berarti kedua orang tua meridhoi agar kedua pasangan tersebut mempunyai rejeki yang cukup selama hidup. Sedangkan ikat pinggang (sindhur) melambangkan restu orang tua agar kedua anaknya bertindak hati-hati dan hidup secara rukun dan sejahtera.

Oleh : Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading