Sukses

Parenting

Pembinaan Pra-Nikah: Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah

Ladies, setiap dari kita menginginkan adanya pernikaha sekali seumur hidup dan memiliki keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah. Untuk itu, bagi Anda kaum muslim, Departemen Agama, melalui Kantor Urusan Agama (KUA) menyediakan berbagai layanan untuk membentuk keluarga sakinah yang ideal, salah satunya adalah pembinaan pra-nikah.

Sebagaimana dikutip dari kua-gondomanan.web.id, pembinaan pra nikah adalah fase pembinaan paling awal dengan sasaran dari kegiatan adalah para remaja usia muda, dengan target memberikan pemahaman secara dini kepada para usia muda tentang pembentukan keluarga/rumah tangga, lebih khusus lagi dalam upaya memberikan pengetahuan tentang reroduksi sehat.

Dengan kursus ini maka semua peserta ketika telah tiba saatnya untuk menikah sudah memiliki bekal untuk mengayuh bahtera kehidupan yang baru itu. Tujuannya jelas, sebagai bagian dari pembinaan keluarga sakinah, Ladies.

Salah satu contoh langkah konkret dari program ini adalah adanya kegiatan Safari Ramadhan yang diselenggarakan oleh KUA Sangkapura pada bulan Ramadhan lalu. Kua-sangkapura.blogspot.com melansir bahwa KUA sebagai garda terdepan pemerintah yang membidangi pembinaan masyarakat khususnya bimbingan masyarakat Islam, tentunya tidak boleh tertinggal dalam kegiatan Safari Ramadhan yang merupakan kerjasama berbagai ormas, lembaga, dan institusi ini.

Selain mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) KUA, Safari Ramadhan tahun ini juga memfokuskan pada kegiatan sosialisasi dalam rangka pembentukan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah atau disingkat dengan “Keluarga SAMARA” dan ditambah juga dengan pembinaan ilmu faraid/fiqh waris. Antusias masyarakat yang tinggi diwujudkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan masyarakat di setiap materi yang disampaikan.

Bagaimana dengan pelaksanaan program pembinaan pra-nikah di tempat Anda, Ladies?

Oleh: Surya Fajar

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading