Sukses

Lifestyle

Kisah Cinta Zainab bint Muhammad dan Abu El'Ass ibn Rabee'

Ladies, pernah mendengar kisah inspiratif dari Zainab dan Abu El'Ass? Kalau belum, ada baiknya ladies menyimak kisah berikut ini, karena banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik.

Seperti dikutip dari islamicbulletin.org, kisah berawal ketika Zainab, putri Rasulullah SAW menikah dengan Abu El’Ass, sepupu Khadijah, istri Rasulullah. Abu El’Ass adalah pemuka kaum Quraish dan Rasulullah SAW (yang saat itu belum menerima wahyu) sangat menyayanginya. Rumah tangga mereka bahagia dan dikarunia dua anak, Ali dan Omama.

Saat Abu El’Ass sedang tidak berada di Mekkah, Rasullullah SAW mendapat wahyu dan Zainab beserta seluruh saudara dan teman Abu El’Ass masuk Islam. Setelah Abu El’Ass kembali, Zainab memberitahukan kabar gembira tersebut, namun Abu El’Ass menolak untuk masuk Islam. Merekapun saling menerima keputusan masing-masing dan tetap bersama.

Lalu, terjadilah perang Badr, antara pasukan Quraish dan pasukan Muslim. Pasukan Muslim menang dan Abu El’Ass menjadi tawanan perang. Zainab akhirnya membebaskan Abu El’Ass dengan menebusnya. Namun, alangkah kagetnya Rasulullah saat mengetahui bahwa tebusan yang diberikan Zainab adalah kalung milik ibunya, Khadijah.

Singkat cerita, akhirnya Rasulullah meminta Abu El’Ass untuk mengembalikan Zainab, demi kebaikan mereka berdua. Merekapun berpisah. Zainab menolak untuk menikah kembali dan berharap suatu hati Abu El’Ass akan datang dan memeluk Islam.

Suatu hari Abu El’Ass datang menemuinya, namun bukan sebagai muslim, melainkan sebagai buronan. Zainab pun kembali menebus pria yang dicintainya tersebut dan Rasulullah mengizinkannya. Akhirnya, Abu El’Ass sadar betapa tulus kasih Zainab dan Rasulullah. Akhirnya, dia memutuskan untuk masuk islam dan rujuk kembali dengan Zainab.

Namun, satu tahun kemudian Zainab meninggal dunia, meninggalkan kesedihan mendalam dihati Abu El’Ass, yang akhirnya menyusul kematian istrinya satu tahun setelahnya.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading