Mitos Larangan ‘Melangkahi’ Kakak Perempuan

Kamis, 29 Agustus 2013 18:36

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, apa yang anda rasakan jika adik anda menikah terlebih dulu dari anda? Bagi sebagian besar dari kita menganggap hal ini bukan menjadi masalah. Tapi bagi beberapa orang, menikah melangkahi kakak sangat tidak dianjurkan.

Hal ini terkait mitos yang berkembang di masyarakat. Ada mitos yang mengatakan bahwa apabila seorang wanita ‘dilangkahi’ oleh adiknya (adiknya menikah terlebih dahulu), wanita tersebut akan menjadi perawan tua. Juga, ada mitos lain bahwa ‘melangkahi’ kakak perempuan adalah tindakan yang tidak sopan.

Selain itu, seperti dilansir tiexhid.wordpress.com, ada juga beberapa orang yang menganggap ‘melangkahi kakak’ diperbolehkan asalkan si kakak melakukan beberapa ritual tertentu, seperti menggigit janur sebanyak tiga kali dan kemudian ibunya harus memecutkan janur tersebut kepada si kakak sebanyak tiga kali, setelah itu janur akan disimpan dibawah kolong tempat tidurnya agar jodohnya cepat datang.

Sedangkan menurut agama Islam, rumahfiqih.com menjelaskan bahwa menikah mendahului kakak perempuan diperbolehkan, karena tidak ditemukan dalil yang melarangnya. Yang diharuskan bagi adik adalah menghormati kakaknya. So, selama si kakak tidak merasa dilecehkan atau tersinggung, menikah mendahului kakak perempuan diperbolehkan oleh agama.

Well, percaya atau tidak itu pilihan anda, ladies. Namun, apabila memang anda diharuskan melakukan beberapa ritual, anggaplah itu sebagai usaha untuk melestarikan tradisi, bukan untuk mendapatkan jodoh, karena datang tidaknya jodoh anda bukan berdasarkan ritual yang anda jalani, tapi atas kehendak Allah SWT. So, be positive!

Asizah

(vem/ova)







ARTIKEL TERKAIT - PERNIKAHAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.