Apa itu Nikah Siri?

Rabu, 28 Agustus 2013 22:10

(c) shutterstock

Vemale.com - Sebagian besar dari Anda mungkin sudah mengetahui apa itu nikah siri, tetapi mungkin Anda tidak mengetahui secara jelas apa arti dari nikah siri ini. Pernikahan secara siri ini beberapa tahun terakhir ini menjadi topik yang hangat di negara Indonesia tercinta ini karena munculnya berbagai kasus nikah siri yang dilakukan oleh para penjabat di negara Indonesia.

Sebenarnya apa sih nikah siri itu? Menurut laman atjehlink.com, nikah siri ini berasal dari bahasa Arab yaitu “sirri” yag memiliki arti rahasia atau diam-diam. Situs yang sama menambahkan bahwa nikah siri artinya pernikahan yang dilakukan secara diam-diam atau rahasia sehingga hanya beberapa orang saja yang mengetahui.

Sementara itu, pesantrenvirtual.com menegaskan bahwa pernikahan siri ini hanya memenuhi prosedur pernikahan secara agama saja, namun secara hukum pernikahan ini tidak di akui oleh negara. Negar tidak mengakui adanya pernikahan yang dilangsungkan karena pernikahan ini tidak dilaporkan ke pada Kantor Urusan Agama (KUA) atau Kantor Catatan Sipil. Pernikahan secara rahasia ini oleh orang-orang juga disebut sebagai nikah di bawah tangan.

Dalam menjalankan nikah siri, pernikahan siri akan dianggap sah apabila dalam prosesnya memenuhinya memenuhi persyaratan dan rukun pernikahan berikut ini.

1. Calon mempelai Pria

2. Calon mempelai wanita

3. Dua saksi

4. Adanya mahar atau mas kawin, serta

5. Ada ijab dan qobul dalam proses pernikahan

Apabila saat menjalankan proses pernikahan siri, salah satu rukun pernikahan tidak terpenuhi, maka pernikahan secara siri ini tidak sah secara agama dan tidak sah secara hukum.

Oleh: Dimas Galih Wijaya

(vem/rsk)






ARTIKEL TERKAIT - PERNIKAHAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.