Sukses

Parenting

Asal Mula mitos Sunda-Jawa Dilarang Menikah

Pernah dengar nggak, ladies, ada mitos yang mengatakan bahwa lelaki jawa tidak boleh menikah dengan wanita Sunda, begitu pula sebaliknya? Nah, kok bisa ya?

Ladies, menurut wivsaniyyah.blogspot.com, mitos tersebut ternyata berakar dari kejadian masa lalu, yaitu perang Babat. Pendapat ini juga didukung oleh id.berita.yahoo.com. Berawal dari niat Prabu Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit untuk menikahi putri dari kerajaan Sunda, Dyah Pitaloka Citraresmi. Selain karena terpesona oleh kecantikannya, tujuan Prabu Hayam Wuruk adalah untuk mempererat hubungan baik kedua kerajaan besar tersebut.

Karena itu, Prabu Hayam Wuruk mengirim utusan ke Sunda untuk melamar putri Dyah Pitaloka. Pinangan tersebut diterima dengan baik oleh raja Sunda, Prabu Linggabuana. Akhirnya kesepakatan pun dibuat, pihak Sunda akan datang ke Majapahit untuk melangsungkan pernikahan.

Mahapatih Gajah Mada yang dikenal dengan sumpah palapanya, memberikan saran kepada Prabu Hayam Wuruk untuk menganggap kedatangan rombongan dari Kerajaan Sunda tersebut sebagai bentuk penyerahan kekuasaan dan pengakuan atas kebesaran kerajaan Majapahit. Prabu Hayam Wuruk sebenarnya tidak setuju, tapi karena rasa hormatnya kepada Gajah Mada, diapun tidak bisa berbuat apa-apa.

Prabu Linggabuana yang merasa terhina karena niat baiknya disalahartikan, akhirnya membatalkan pernikahan tersebut dan kembali ke Sunda. Gajah Mada yang tersinggung akhirnya menyusul utusan kerajaan Sunda dan memaksa mereka mengakui kekuasaan Majapahit, namun prabu Linggabuana menolak.

Perang pun tak terelakkan. Pasukan Sunda yang sejak awal kalah jumlah akhirnya menyerah dan seluruh rombongan dari Sunda meninggal, termasuk Prabu Linggabuana dan putri Dyah Pitaloka. Itulah yang membuat kerajaan Sunda melarang rakyatnya menikah dengan orang luar Sunda.

Nah, Ladies, peristiwa inilah yang menjadi asal muasal mitos 'pernikahan antara suku Jawa dan Sunda tidak akan berakhir baik dan menyebabkan kesialan'.

Asizah

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading