Konsep Mahar Pernikahan Dalam Islam

Sabtu, 24 Agustus 2013 00:41

(c) shutterstock

Vemale.com - Ada banyak tradisi pernikahan yang ada di dunia. Salah satu konsep pernikahan yang berbeda dimiliki oleh Islam lho, Ladies. Mulai dari Amerika hingga Eropa, dari Timur Tengah hingga Asia Timur, bahkan, hingga di negara kita Indonesia, model pernikahan islam sudah dikenal oleh banyak orang. Merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang telah lama ada, islam memilik model pernikahan yang berbeda. Dalam pernikahan antara dua orang muslim, terdapat konsep yang bernama ‘mahar’.

Mahar adalah sebuah konsep di mana keluarga mempelai pria akan memberikan sejumlah uang kepada keluarga sang mempelai perempuan. Konsep mahar ini sangat unik karena ketika sebuah pasangan berniat menikah, mempelai pria akan menyusun mahar beserta pernyataan pemberian mahar tersebut. Menurut wedding.theknot.com, biasanya, mahar akan dibagi menjadi dua. Mahar yang pertama akan diberikan secara langsung kepada sang mempelai wanita, sementara bagian kedua akan diberikan selama sang wanita menjadi istri dari mempelai pria.

Akan tetapi, pada masa sekarang, seringkali mahar digantikan dengan barang maupun perhiasan karena uang dianggap lebih mudah habis ketimbang perhiasan ataupun barang. Banyak pasangan lebih memilih untuk menggunakan perhiasan seperti cincin untuk menjadi mahar karena lebih bermakna dan bisa menjadi sesuatu yang memiliki arti khusus terutama untuk anda dengan pasangan. Tentunya, anda juga lebih memilih perhiasan, seperti cincin ketimbang uang tunai bukan, Ladies?

Mamor Adi

(vem/ova)






ARTIKEL TERKAIT - PERNIKAHAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.