Sukses

Parenting

5 Kebiasaan Baru Single Parent

Saat kembali hidup sendirian, ada banyak perubahan yang membutuhkan penyesuaian dalam waktu singkat. Termasuk mengelola keuangan. Perpisahan dengan pasangan memengaruhi pengeluaran setiap bulan. Kebutuhan untuk berempat tentu tidak sama dengan bertiga atau mungkin berdua. Telaah ulang perubahan pemasukan yang memengaruhi pengeluaran rutin Anda.

1. TENGGAT WAKTU

Sendirian tak ada lagi yang mengingatkan untuk melakukan pembayaran. Saat amplop tagihan datang, bukalah segera dan catat di tempat yang mudah dilihat kapan tenggat waktu pembayaran.

2. TRANSPORTASI

Pulang-pergi kantor menebeng pasangan, tak lagi terjadi. Sisihkan uang bensin untuk transportasi Anda dan mengantar anak-anak ke sekolah.

3. CICILAN

Cicilan rumah atau mobil, harus ditanggung sendiri. Kurangi pengeluaran di pos lain untuk memenuhi kewajiban baru ini.

4. CARA PRAKTIS

Waktu mengurus rumah tangga sendirian semakin padat. Tinggalkan kebiasaan lama pulang pergi ke bank atau ke loket pembayaran listrik, air, telepon. Lakukan pembayaran online. Sisihkan waktu khusus untuk mengecek tagihan dan melakukan pembayaran.

5. KURANGI BELANJA

Pola makan berempat akan berbeda dengan pola makan bertiga, berdua, atau sendiri. Kurangi belanja sembako bulanan Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan.

[initial]

Source: GoodHouseKeeping, Edisi Oktober 2012, Halaman 93

(GH/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading