Sukses

Lifestyle

8 Hal Yang Perlu Setiap Wanita Lakukan Sebelum Usia 30 Tahun

Usia 30 tahun bisa jadi usia yang mengerikan bagi wanita. Bukan hanya karena jadi makin tua, banyak wanita mengaku bahwa mereka merasa belum berbuat banyak dalam hidupnya sehingga rasanya telah menyia-nyiakan waktu selama ini.

Jika usiamu masih kisaran 20-an tahun, sebelum kamu merasakan hal yang sama, ada baiknya jika kamu mulai mempersiapkan diri. Ada banyak hal di dunia ini yang bisa kamu coba dan lakukan sebelum usia 30 tahun. Karena semakin bertambah usia, mungkin ada banyak hal yang jadi terbatas untuk kamu lakukan.

    Traveling sendiri

    Cukup mengerikan jika dibayangkan, tapi justru menantang. Pasti akan ada banyak pertanyaan yang muncul, seperti "Bagaimana aku bisa traveling sendiri?" atau "Kalau ada apa-apa gimana?" dan lain sebagainya. Semua kekhawatiran itu justru bisa jadi pemicu yang harus kamu taklukkan. Seberapa berani, mandiri dan tanggung jawab dirimu menangani semua hal sendirian. Tak perlu pergi jauh hingga keluar negeri, coba dulu yang dalam negeri. Traveling solo bisa jadi cara mengenal dirimu sendiri lebih jauh.

    Coba hobi baru

    Selama ini hanya menjalani rutinitas biasa? Coba skill baru, hobi baru. Kamu belajar hal baru yang membuat dirimu berkembang. Melakukan kegiatan baru yang menyenangkan bisa membuatmu aktif secara fisik dan mental, juga memperluas lingkungan sosialmu karena bertemu orang-orang baru.

    Lebih sehat

    Get healthy, ladies. Sudah waktunya kamu lebih perhatian sama badan dan kesehatan. Makan lebih teratur, perbanyak sayur dan cukup tidur. Tubuhmu adalah aset yang bisa membawamu ke mana pun kamu ingin pergi, jadi hiduplah dengan sehat, olahraga dan jadilah pribadi yang lebih positif.

    Tak perlu takut keluar dari zona nyaman

    Terlena dengan kenyamananmu saat ini? Bisa jadi ini membatasimu berkembang. Mungkin resign dari pekerjaan untuk mengejar impian jadi hal yang cukup menakutkan untuk dibayangkan, but deal with it. Pikirkan, kamu bisa bahagia atau tidak dengan melepas impian dan hidup standar saja seperti saat ini. Nggak mau naik tingkat dan lebih puas dengan hidupmu?

    Jatuh cinta lah

    Masih single? Maka jatuh cinta lah, karena cinta membuat hidup lebih menarik untuk dijalani. Kamu bisa jadi malu-malu atau terang-terangan, kamu bisa jatuh cinta sedalam-dalamnya, dan jatuh sesakit-sakitnya, tapi ini ini pasti akan jadi pengalaman yang berarti. Atau siapa tahu kamu justru bisa menemukan jodohmu dengan berani jatuh cinta.

    Nyaman dan cintailah dirimu sendiri

    Jika ingin bisa melakukan sekian hal di atas, maka kamu perlu punya keyakinan terhadap diri sendiri terlebih dahulu. Kamu harus bisa mencintai dan menerima dirimu apa adanya, dengan begitu kamu bisa memunculkan rasa bahagia dalam hidupmu. Bukankah kebahagiaan, kita sendiri yang ciptakan?

    Berbagi lah

    Pernah dengar quote "What goes around, comes around"? Secara sederhana adalah kamu akan mendapatkan sebanyak yang kamu berikan pada orang lain. Kebaikan yang kamu berikan pada orang lain, sebanyak itu pula akan kembali kepada dirimu sendiri. Bukankah menyenangkan bisa berbagi dan menolong orang lain? Kamu jadi manusia yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

    Perjelas tujuan hidup dan karirmu

    Kamu sudah tentu harus punya tujuan jelas, karir seperti apa yang ingin kamu raih dan impian apa yang ingin kamu wujudkan. Setelah jelas dengan semua itu, kamu hanya perlu mengusahakannya jadi nyata. Kamu mungkin akan gagal di tengah jalan, but it's okay. Kamu bisa belajar dari itu dan mulai lagi.

Jadi, sudahkah kamu buat list apa saja yang akan kamu lakukan di usia 20-an tahun ini? Pastikan kamu punya rencana yang jelas ya, sehingga waktu yang kamu habiskan selama 10 tahun menuju usia 30 tahun tak sia-sia, ladies. You worth to do big things.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading