Sukses

Parenting

Jangan Digaruk, Puting Gatal Bakal Malah Jadi Lecet dan Infeksi

Bagian puting payudara memang seringkali terasa gatal karena berbagai sebab. Sebagai manusia biasa tentunya kita akan reflek untuk menggaruknya karena akan menimbulkan rasa lega. Sayangnya, Mommy tak boleh melakukannya meskipun ada kelegaan tersendiri setelah menggaruk. Ini karena menggaruk hanya akan menyebabkan puting payudara jadi lecet.

­Puting payudara adalah bagian yang sangat sensitif dan super lembut. Jika memang rasa gatal tiba-tiba saja muncul dan Mommy sangat ingin menggaruknya maka lakukannya dengan sangat lembut dan pelan-pelan. Menggaruk dengan kasar hanya akan menimbulkan luka dan malah membuat puting sakit terutama jika sedang menyusui.

Luka pada puting payudara ini ternyata tak cuma akan menyebabkan rasa pedih lho. Selain mengganggu aktivitas harian terutama menyusui, puting yang luka ternyata bisa menjadi sarang bakteri. Lebih jauh ini bisa berpotensi menyebabkan infeksi.

Bagian anggota tubuh yang terluka akan sangat lemah dalam mempertahankan diri. Bakteri jahat akan mudah masuk dan menginfeksi bagian tubuh tersebut. Mommy pasti ta mau kan hal tersebut terjadi pada payudara? Oleh karena itu, mulai sekarang, biasakanlah untuk mencoba menahan rasa gatal itu sendiri ketika muncul.  Jika sangat terpaksa garuk dengan sangat pelan atau usap perlahan. Semoga informasi ini bermanfaat Mom!

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading