Sukses

Beauty

Buat Kamu yang Berhijab, Begini Nih Tips Agar Rambut Tidak Lepek

Sebagai salah satu bagian tubuh yang penting dan bisa membuat kamu makin kece, mengesankan juga mempesona, rambut tentu harus dirawat dengan baik. Usahakan agar rambut selalu lembut, bersih dan nggak mudah lepek. Oh iya, ngomongin soal rambut yang mudah lepek, biasanya hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Dan nampaknya nih ya, rambut lepek ternyata juga lebih mudah atau cepat terjadi pada mereka yang berhijab.

Kondisi rambut mudah lepek pada mereka yang berhijab, pada dasarnya terjadi karena saat mengenakan hijab kulit kepala akan mudah lembab. Kelembaban inilah yang akhirnya mendorong rambut menjadi mudah lepek. Buat kamu yang berhijab dan tak ingin rambut mudah lepek, berdasarkan pengalaman pribadi juga hasil sharing dengan beberapa sahabat, ada tips mudah lho agar rambut tidak lepek. Tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Jangan Pakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

    Tips pertama agar rambut tidak lepek adalah pastikan untuk tidak memakai hijab saat rambut masih basah. Ketika kamu memaksakan diri memakai hijab saat rambut basah, hal ini akan membuat rambut semakin mudah mengalami lepek. Tak hanya itu saja, rambut yang masih basah dan dipakaikan hijab akan mendorongnya menjadi lebih mudah beruban, rontok juga patah.

    Keramas Dua atau Tiga Hari Sekali

    Untuk tips kedua, usahakan untuk keramas dua atau tiga hari sekali. Jangan keramas setiap hari karena hal ini justru akan membuat rambut kehilangan minyak alaminya dan membuat rambut kering. Tapi, kamu juga tak boleh keramas lebih dari 3 hari. Bisa saja, hal ini akan membuat rambut menjadi sangat kotor dan semakin mudah untuk lepek juga berketombe.

    Pilih Hijab yang Tidak Panas

    Pastikan untuk memilih hijab yang membuat kulit kepala tetap nyaman dan dingin. Hindari memilih hijab yang berbahan panas. Hijab yang berbahan kain panas akan lebih mudah membuat kamu merasa gerah dan membuat kulit kepala lebih mudah mengeluarkan keringat serta membuatnya lepek. Jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan, pilih hijab dengan warna yang cerah dan tidak menyerap panas.

    Segera Keringkan Rambut Setelah Keramas

    Usahakan untuk segera mengerikan rambut setelah keramas. Pakai handuk atau keringkan rambut di tempat yang terbuka dan banyak angin. Mengeringkan rambut dengan cara ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan mengerikan rambut memakai pengering rambut (hairdryer).

    Aplikasikan Masker Rambut

    Jangan lewatkan buat memakai masker rambut jika ingin rambut tetap sehat, cantik dan tak mudah lepek. Masker rambut bisa dibuat dengan bahan alami jeruk lemon, madu, minyak kelapa atau yogurt. Mengaplikasikan masker rambut secara berkala akan membuat rambut menjadi semakin cantik, sehat dan mengesankan.


Itulah beberapa tips agar rambut tidak mudah lepek bagi kamu yang berhijab. Tips ini juga disarankan untuk kamu yang tak berhijab lho. Selain tips di atas, tips lain agar rambut tidak mudah lepek adalah pastikan bahwa kamu keramas dengan baik dan tidak sampo atau kondisioner yang nempel di rambut, gunakan sampo atau kondisioner yang tepat serta hindarkan rambut dari segala polusi. Semoga, tips ini bermanfaat ya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading