Sukses

Beauty

Selain Tidur, Lebih Baik Lepas Kontak Lensa Saat Seperti Ini

Kontak lens kini fungsi penggunaannya bukan hanya untuk menggantikan kacamata saja, namun kebanyakan untuk mempercantik penampilan. Bahkan bagi mereka yang tak punya masalah mata, memakai kontak lens sepertinya jadi kebutuhan wajib, namun tujuannya agar membuat mata tampak lebar.

Meski tampaknya mudah dipakai, namun memakai kontak lens juga perlu perawatan ekstra dibanding kacamata, apalagi jika kamu ingin tetap menjaga kesehatan mata. Karena tak menutup kemungkinan, justru karena lensa kontak lah mata terancam rusak. Duh, nggak mau kan kena akibatnya.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa kamu hindari berhubungan dengan pemakaian lensa kontak. Umumnya yang perlu kamu hindari adalah jangan tidur dengan lensa kontak. Kedua, jaga kebersihan lensa kontak dan ganti airnya setiap malam atau setelah dipakai.

Tapi yang jangan pernah kamu lakukan adalah ini, mandi dan berenang dengan masih menggunakan kontak lens. Selalu pastikan kamu melepasnya sebelum mandi dan masuk kolam renang.

Mengguyur tubuh saat mandi, apalagi jika airnya hangat, sangat berisiko menyebabkan mata pedih dan membuat bakteri cepat berkembang biak sehingga berpotensi penyakit. Begitu pula jika kamu berenang, apalagi kolam renang umum. Mata yang terkena air penuh bakteri pasti akan menyakiti mata dan berisiko merusak mata.

Jika lupa atau tak sengaja mandi atau berenang dengan tetap memakai kontak lens, segera lepas begitu kamu sadar dan cuci bersih kontak lens dan beri obat tetes pada mata. Selalu bawa juga obat tetes mata jika kamu bekerja di ruangan ber-AC yang cenderung membuat mata kering. Jaga mata tetap lembab sehingga mata tak mudah lelah meski memakai kontak lensa.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading