Sukses

Beauty

Enak Sih, Tapi Awas! Makanan Ini Menyebabkan Keputihan

Sebagai seorang wanita, tentunya kita pernah mengalami yang namanya keputihan. Apa sih keputihan itu? Dikutip dari laman health.com, keputihan atau Flour Albus merupakan masalah yang terjadi di organ intim wanita. Keputihan adalah sekresi vaginal dimana hal ini sering terjadi sebelum atau sesudah haid atau bisa juga saat masa subur. Keputihan sendiri disebabkan oleh adanya bakteri, virus dan beberapa hal seperti kondisi tubuh yang lelah, stres, celana dalam yang kotor atau karena makanan.

Mengenai makanan, setidaknya ada beberapa jenis makanan enak yang ternyata bisa memicu keputihan. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

    Makanan Manis

    Makanan pertama yang dikatakan bisa menyebabkan keputihan adalah makanan manis atau makanan yang mengandung banyak gula. Ketika tubuh mendapatkan asupan gula yang banyak atau berlebih, hal ini akan menyebabkan tumbuhnya jamur Candida Albicans. Jamur inilah yang nantinya bisa menyebabkan keputihan dan berbagai permasalahan organ intim lainnya. So, agar terhindar dari masalah keputihan, pastikan jangan terlalu banyak konsumsi makanan atau minuman manis yang mengandung gula.

    Makanan Mengandung Ragi

    Makanan selanjutnya yang bisa menyebabkan keputihan adalah makanan yang mengandung ragi atau makanan hasil fermentasi. Para ahli percaya bahwa makanan yang mengandung ragi dan hasil fermentasi seperti tape, keju, pasta dan jamur akan membuat keputihan yang kamu alami semakin parah.

    Buah yang Dikeringkan

    Makanan ketiga yang bisa menyebabkan keputihan adalah buah yang dikeringkan. Kenapa buah yang dikeringkan bisa menyebabkan keputihan? Karena, buah yang dikeringkan akan mengandung zat gula yang lebih banyak. Tak hanya itu saja. Buah yang dikeringkan juga rentan mengandung fruktosa tinggi dimana hal ini bisa membuat jamur atau bakteri di organ intim berkembang dengan cepat. Saat bakteri dan jamur tumbuh serta berkembang dengan cepat, tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini akan menyebabkan keputihan.

    Gorengan Dengan Bumbu Pedas

    Makanan selanjutnya yang bisa menyebabkan keputihan adalah gorengan atau makanan berminyak lebih yang berbumbu pedas. Pasalnya, tepung yang digunakan di dalam gorengan mengandung banyak karbohidrat dimana hal ini akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menyebabkan keputihan. Belum lagi, jika gorengan ini dipadukan dengan bumbu pedas. Hal ini akan membuat bakteri dan jamur penyebab keputihan bisa berkembang dan tumbuh dengan sangat cepat.

Itulah beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa menyebabkan keputihan. Jika tak ingin keputihan terjadi pada kamu, pastikan untuk menjaga pola makan dan perbanyak makan sayur serta buah sehat. Pastikan pula untuk menjaga kebersihan organ intim, pakaian dan lakukan istirahat serta olahraga cukup. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading