Sukses

Beauty

Penelitian Mengatakan, Obesitas Bukan Berarti Tak Sehat

Sudah banyak sekali penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa mempunyai tubuh sangat gemuk hingga obesitas adalah hal buruk, mengundang bayak penyakit, mulai dari darah tinggi, kolesterol, diabetes, penyakit jantung hingga punya risiko kematian yang besar. Tapi penelitian terbaru justru mengatakan sebaliknya.

Dengan menggunakan survey hasil kesehatan dari pemerintah Amerika Serikat, peneliti menemukan bahwa lebih dari separuh orang dewasa yang kelebihan berat badan secara mengejutkan punya metabolisme yang sehat-sehat saja. Hal itu berarti mereka punya risiko kecil mengembangkan diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskuler dan konsentrasi tinggi protein C-reaktif yang bisa menyebabkan pembengkakkan pembuluh darah.

Dari banyak orang dewasa yang obesitas, 29% termasuk dalam kategori sehat, sedangkan lebih dari 30% orang dewasa dengan berat badan normal justru memiliki gangguan kesehatan metabolisme. Secara tidak langsung, dengan kata lain orang yang obesitas tidak selalu identik dengan kata "tidak sehat" dan "penyakit".

Penelitian yang diterbitkan pada February 2016 dalam International Journal of Obesity ini tentu saja masih butuh lebih banyak pengembangan dan masih belum bisa dipercaya faktanya. Apalagi masih banyak perdebatan tentang konsep "gemuk tapi sehat" di kalangan masyarakat.

Yang ingin ditekankan di sini adalah isu berat badannya, penelitian ini menunjukkan bahwa kesehatan seseorang tidak hanya terpatok pada berat badannya saja, namun ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi apakah seseorang punya kondisi tubuh sehat atau justru berpotensi mengidap penyakit.

Bagaimana pun, risiko kesehatan lebih besar berada pada orang-orang obesitas karena biasanya orang kelebihan berat badan kurang olahraga, tidak menjaga pola makan sehat serta banyak makan junk food.  Jadi, tetap jaga berat badan ideal dan tubuh yang sehat ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading