Sukses

Beauty

Bahaya, Cara Kamu Pegang Smartphone Bisa Merusak Tulang Belakang

Teknologi yang berkembang semakin canggih dapat memenuhi setiap kebutuhan setiap orang akan informasi yang cepat dan up to date. Namun ada kalanya teknologi menyumbang pengaruh buruk untuk kesehatan tubuh kamu. Hampir setiap orang kini punya smartphone dan terkadang tenggelam dengan dunianya sendiri karena sibuk dengan media sosial.

Nah, hal inilah yang kemudian berhubungan erat dengan kesehatan tubuh kamu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dari jurnal kesehatan Surgical Technology International menunjukkan bahwa menunduk ke bawah (melihat gadget) ke arah handphone bisa memberi tekanan hingga beban 60 pound (sekitar 30 kg) terhadap tulang belakang.

Menurut penelitian tersebut, kebanyakan orang menghabiskan waktu rata-rata dua hingga empat jam sehari sibuk dengan smartphone mereka masing-masingĀ  dan ini dilakukan dengan posisi kepala menunduk yang memberi tekanan pada leher dan tulang belakang.

Semakin turun dan menunduk kamu melihat ponsel, semakin berat beban yang ditumpukan pada tulang belakang kamu dan menyebabkan tulang belakang bungkuk. Misalnya kamu menunduk hingga sudut 15 derajat, sama saja dengan membebani 1 kg, menunduk sudut 30 derajat sama dengan 18 kg dan begitu seterusnya.

Bukan hanya bisa menyebabkan nyeri leher, bahu dan tulang belakang, tapi juga bisa menyebabkan otot tegang, di bagian ligamen dan tendon. Well, bukan berarti kamu harus membuang gadget yang kamu miliki, pastikan saja bahwa kamu memperbaiki postur tubuh dan tidak menunduk berlebihan saat sibuk dengan smartphone dan imbangi juga dengan olahraga teratur untuk melepas stres pada otot ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading