Sukses

Beauty

Stres Bisa Sebabkan Masalah Kulit, Benarkah?

Setiap orang pasti pernah menghadapi keadaan dan situasi yang membuat dirinya stress. Anda juga pasti pernah mengalaminya. Tidak jarang juga saat Anda mengalami stress, muncul jerawat dan masalah kulit lainnya yang membuat Anda jengkel. Untuk mengetahui penyebab kenapa hal itu bisa terjadi pada diri Anda, berikut adalah penjelasannya seperti yang dilansir oleh webmd.com

Stres menyebabkan respon kimia dalam tubuh Anda yang membuat kulit lebih sensitif dan reaktif. Penyebabnya adalah tubuh memproduksi kortisol dan hormon lainnya, yang memberitahu kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak. Seperti yang Anda ketahui bahwa kulit berminyak memang lebih rentan terhadap jerawat dan masalah kulit lainnya.Bahkan Stres juga dapat menyebabkan gatal-gatal dan jenis-jenis ruam kulit dan memicu suar-up dari lepuh demam.

Selain menimbulkan masalah kulit yang baru, stres juga dapat memperburuk masalah kulit yang Anda miliki dan mengganggu perawatan kulit Anda sehari-hari.

Bukan hal yang mudah untuk menghentikan diri Anda untuk tidak stres namun Anda pasti tidak akan berhenti berpikir tentang kesehatan kulit dan penampilan Anda, bukan? Oleh karena ini adalah cara-cara yang bisa mengurangi efek stres terhadap kulit Anda.

  • Jangan mengabaikan kesehatan kulit Anda. Merawat kulit Anda, bahkan saat Anda lelah atau stres.
  • Berolahraga secara teratur. Ini baik untuk kulit Anda dan seluruh tubuh Anda.
  • Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda nikmati, bahkan jika Anda hanya memiliki sedikit waktu.
  • Mempraktikan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, atau citra visual.
  • Tidur yang cukup. Tujuh sampai delapan jam setiap malam sangat ideal.
  • Katakan tidak. Belajar untuk menolak hal-hal yang tidak Anda sukai akan menurunkan kadar stres yang Anda alami.
  • Berbicara dengan seseorang. Mencari dukungan dari teman atau terapis profesional.

Itulah alasan kenapa saat Anda stres Anda akan cenderung mempunyai masalah pada kulit. Untuk menghindarinya cobalah untuk melakukan hal yang menyenangkan dan nikmatilah hidup Anda agar jauh dari stres.

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading