Sukses

Parenting

Yuk Melindungi Gigi Si Kecil

Moms, Anda pasti sering melihat gigi anak-anak yang berlubang dan ompong bahkan sebelum terganti dengan gigi permanen. Anda tidak ingin bukan si kecil juga memiliki gigi berlubang saat masih kecil? Maka dari itu, pastikan Moms mulai merawat dan melindungi gigi si kecil sedari dini.

Seperti yang dilangsir dari laman babycentre.co.uk, gula merupakan masalah utama yang merusak enamel gigi sehingga membuatnya berlubang. Tidak hanya berapa banyak jumlah gula yang dikonsumsi tapi juga seberapa sering konsumsi makanan manis yang mengandung gula tersebut.

Saat anak memakan makanan manis, gula akan mulai merusak mineral yang ada di permukaan gigi. Butuh waktu berjam-jam untuk gigi anak Anda agar dapat kembali ke keadaan sebelumnya. Lalu, bagaimana ya cara yang tepat untuk merawat gigi si kecil?

Pertama, selalu usahakan untuk memberi bayi atau balita Anda makanan manis di waktu makan. Dengan demikian, gigi si kecil memiliki waktu yang cukup untuk kembali siap mengunyah makanan manis lagi. Selain itu, jika anak sudah kenyang saat makan, biasanya ia tidak akan meminta makanan manis lagi di luar waktu makan.

Apabila Moms ingin memberikan camilan di antara waktu makan, maka hindari memberikan makanan yang manis pada si kecil. Siapkan sayuran, keju, atau makanan gurih lainnya yang disukai buah hati Anda. Moms juga bisa memberikan buah untuk camilannya, tapi hindari buah kaleng karena buah kaleng justru mengandung banyak gula.

Kedua, biasakan si kecil untuk minum ASI, susu formula, atau air putih baik yang dingin maupun hangat. Hindari memberikan sirup, jus buah, minuman bersoda, dan minuman manis lainnya yang biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga rawan membuat gigi si kecil berlubang.

Ketiga, saat bayi Anda memasuki usia 6 bulan, cobalah untuk mengajarinya minum susu dari gelas dan sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan minum susu dari botol. Saat si kecil berusia 1 tahun, minta ia untuk tidak lagi menggunakan botol susu dan ajak ia untuk menggunakan gelas.

Selanjutnya, saat menyiapkan makanan untuk si kecil, periksa apakah makanan tersebut mengandung gula atau pemanis buatan. Ketahui bahwa laktosa, fruktosa, dan glukosa yang merupakan beberapa jenis lain dari gula juga dapat merusak gigi buah hati Anda.

Terakhir, biasakan untuk tidak memberi tambahan gula pada makanan atau minuman buah hati Anda. Dengan demikian, si kecil tidak akan terbiasa dengan makanan manis. Saat si kecil sedang sakit, pilihlah obat yang bebas dari gula atau pemanis buatan.

Jadi, yuk mulai melindungi gigi si kecil dari sekarang.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading