Sukses

Parenting

Yuk Mulai Merawat Gigi Si Kecil

Anak-anak rawan sekali mengalami gigi berlubang dan ompong sebelum gigi susu mereka diganti dengan gigi permanen. Moms, Anda tentu tidak ingin bukan melihat si kecil memiliki gigi yang berlubang? Maka dari itu, merawat gigi si kecil harus dimulai sedini mungkin sejak ia masih bayi.

Seperti yang dilangsir dari laman babycentre.co.uk, Moms bisa mulai membiasakan bayi Anda menggosok gigi saat pucuk gigi pertama kali muncul. Pada saat ini, Moms dapat menggunakan kain bersih dan memberikan sedikit pasta gigi, lalu menggosokan pada gusi dan gigi si kecil. Dengan begini, ia akan mulai terbiasa untuk menggosok gigi.

Setelah gigi bayi Anda mulai tumbuh dan terlihat, Moms bisa menggunakan sikat gigi yang dirancang khusus untuk bayi. Pilihlah sikat gigi dengan bulu lembut berbahan nylon dengan kepala sikat yang kecil. Periksa kemasan sikat gigi untuk melihat sikat gigi tersebut didesain untuk anak umur berapa saja.

Dengan sikat gigi yang khusus didesain untuk bayi, maka Moms akan dapat dengan mudah menjangkau setiap bagian dalam mulut si kecil terutama jika ada gigi baru yang muncul. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi bayi Anda setiap 1 – 3 bulan sekali agar kesehatan giginya tetap terjaga.

Selanjutnya, untuk merawat gigi si kecil, Moms harus memilih pasta gigi yang cocok untuk bayi Anda. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride yang berguna untuk mencegah gigi berlubang. Untuk anak di bawah 3 tahun, pilih pasta gigi yang rendah fluoride, yakni 1.000 ppm fluoride.

Moms bisa menggunakan pasta gigi yang dirancang khusus bayi dan anak-anak di bawah usia 3 tahun. Saat si kecil sudah berusia 3 tahun, maka Anda boleh mengajaknya menggunakan pasta gigi keluarga yang biasanya mengandung fluoride sebanyak 1.350 ppm – 1.500 ppm.

Lalu, seberapa banyak pasta gigi yang boleh digunakan oleh bayi dan balita? Berikan pasta gigi sedikit saja atau kurang dari ¾ bagian bulu sikat gigi. Jangan lupa untuk mengajari si kecil meludah setelah menggosok gigi agar ia tidak menelan pasta gigi tersebut.

Ada baiknya Moms memilih pasta gigi yang tidak memiliki rasa buah agar si kecil belajar mengenal bahwa pasta gigi bukan makanan. Jangan biarkan buah hati Anda menjilat pasta gigi atau memakannya karena terlalu banyak fluoride justru dapat merusak gigi si kecil dan bahkan menyebabkan diare.

Ajak si kecil untuk menggosok gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Dengan demikian, lama-kelamaan akan terbentuk kebiasaan menjaga kesehatan gigi sedari kecil. Jadi, yuk mulai merawat gigi bayi Anda dari sekarang.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading