Sukses

Beauty

Jerawat Masih Tetap Tumbuh Di Usia Dewasa? Ini Jawaban MeetDoctor

Jerawat memang lebih sering terjadi saat masa pubertas, namun jerawat tidak bisa hilang begitu saja setelah Anda memasuki usia dewasa. Apa alasannya? Ini jawaban meetdoctor bersama Dr. Sutirto Basuki, SpKK,, M.Kes.

    Apakah wajar bila jerawat banyak tumbuh di wajah setelah melewati masa puber?

    Memang benar, jerawat makin banyak tumbuh di wajah setelah masa puber. Waktu puber, terjadi ketidakseimbangan hormonal, hal itu memacu makin banyaknya produksi kelenjar sebum (kelenjar yang biasanya membuat kulit kita berminyak). Akibatnya, terjadi sumbatan dari kelenjar sebum tersebut/muaranya/salurannya, yang ditambah dengan adanya pertumbuhan kuman-kuman, terutama kuman P. acnes, terjadi peradangan pada kelenjar sebum tersebut dan sekitarnya, sehingga muncul jerawat.

    Mengapa jerawat saya setelah hilang satu, muncul lagi, setelah kempes, muncul yang baru, begitu terus?

    Jerawat selalu muncul bila faktor-faktor penyebabnya masih ada, misalnya karena muara kelenjar sebum tertutup debu/kosmetik, terlalu banyak produksi kelenjar sebum, misalnya pada pubertas, stress, ketidakseimbangan hormonal dan lain-lain. Bila ha-hal ini tidak dihilangkan atau tidak dikelola dengan baik, misalnya dengan pembersihan muka dan hidup teratur, makanan sehat atau berolahraga, maka jerawat selalu muncul.

    Apakah benar stres dan hormon menjadi faktor munculnya jerawat di usia dewasa?

    Stress dan hormon menyebabkan peningkatan produksi kelenjar sebum, sehingga produksinya meningkat, kulit berminyak dan terjadi sumbatan kelenjar sebum, kemudian terjadi peradangan dan timbul lah jerawat.

Nah, sudah tahu alasannya kan? Yang perlu Anda lakukan adalah meminimalisasi penyebab timbulnya jerawat agar wajah tetap bersih dan cantik.

Sumber: meetdoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading