Sukses

Parenting

Yuk Mengajarkan Buah Hati Menyikat Gigi

Kapan sebaiknya buah hati diajarkan untuk menyikat gigi dan menjaga kesehatan gigi dan mulut? Jawabannya adalah sedini mungkin. Ketika gigi si kecil mulai tumbuh, ada baiknya jika ladies sudah membiasakannya untuk menyikat gigi. Tentu saja di stage awal ini ladies lah yang harus mengerjakan proses menyikat gigi si kecil.

Nah, bagaimana caranya membiasakan anak untuk menyikat gigi dan memelihara kebersihan gigi dan mulutnya? Berikut ini adalah step-stepnya seperti dikutip dari laman everydayhealth.com.

Step yang pertama dan paling utama adalah dengan memberi contoh. Si kecil yang mudah menirukan orang dewasa akan dengan mudah belajar menyikat giginya jika ladies sering memberikan contoh. Di pagi dan sore hari, pastikan bahwa ladies menyikat gigi anda di depan buah hati. Sambil anda menyikat gigi, berikan sikat gigi kecil kepada buah hati anda dan biarkan dia menirukan gerakan menyikat gigi yang ladies peragakan.

Selain mengajarkan cara menyikat gigi melalui peragaan yang dilakukan di pagi dan sore hari, ladies juga bisa membiasakan si kecil menjaga kebersihan gigi dan mulutnya lewat cerita. Anda yang kreatif bisa mencoba untuk mengarang cerita dan menceritakannya sebagai bedtime story. Selain sebagai bedtime story, cerita tentang gigi, sikat, dan pasta gigi juga bisa disampaikan kepada buah hati ketika mereka sedang menyikat gigi bersama anda. Oh ya, mengarang sebuah lagu tentang sikat gigi juga merupakan ide yang bagus, lho, ladies!

Next, untuk membuat kegiatan menyikat gigi menjadi lebih menyenangkan, berikan si kecil sikat gigi yang berbentuk karakter lucu yang disukai anak. Jangan lupa, lengkapi pula dengan pasta gigi rasa buah yang disenangi oleh buah hati. Ladies juga boleh memberikan electric toothbrush yang bisa membersihkan gigi anak dengan lebih cepat dan mudah.

Step selanjutnya yang tidak kalah penting adalah jangan bosan-bosan untuk membantu si kecil membersihkan giginya. Jika buah hati anda masih terlalu kecil untuk dapat menyikat giginya, maka tugas ladies adalah membantunya. Gosok gigi buah hati secara perlahan dengan gerakan memutar. Sambil membantunya menyikat gigi, ceritakan sebuah kisah tentang menyikat gigi yang menyenangkan.

Sedangkan jika buah hati sudah berumur 5 tahun atau lebih dan ladies merasa bahwa dia sudah mampu menyikat giginya, maka biarkan melakukan sendiri kegiatan menyikat gigi. Namun tentunya anda tidak bisa membiarkannya begitu saja; tetap awasi mereka saat menyikat gigi untuk memastikan apakah mereka melakukannya dengan baik dan benar.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading