Sukses

Beauty

Payudara Gatal? Awas, Ini Penyebabnya

Payudara atau area sekitar puting memang seringkali menimbulkan rasa gatal. Penyebabnya pun beragam, mulai dari iritasi pada kulit hingga yang terparah  adalah kanker payudara. Akan tetapi, penyebab paling umum gatal pada payudara dikarenakan oleh kondisi atopic dermatitis atau eczema yang tak lain adalah kondisi kulit mengalami peradangan. Penyebab timbulnya atopic dermatitis dapat menyebabkan terjadinya kulit kering, kulit gatal hingga ruam.

Namun, ada beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada payudara dan putingnya, seperti misalnya:

  • Deterjen atau sabun pembersih yang digunakan untuk mencuci pakaian maupun pakaian dalam.
  • Adanya tambahan kandungan pada pewangi buatan yang bersentuhan dengan kulit.
  • Kandungan dalam sabun mandi yang tak cocok dengan kulit
  • Adanya ketidakcocokan antara kulit payudara dengan serat kain wol
  • Kulit di payudara mengalami alergi terhadap bahan pakaian dalam Anda.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa gatal pada payudara tidak hanya berasal dari luar, kondisi hamil juga dapat menyebabkan payudara mengalami pembesaran. Hal tersebut dapat membuat kulit tertarik dan meregang sehingga menimbulkan rasa gatal dan kulit pecah-pecah.

Tak hanya itu, infeksi jaringan di payudara yang dikenal sebagai Mastitis juga dapat menyebabkan timbulnya gatal pada payudara dan puting. Kondisi ini paling berisiko dialami oleh ibu yang baru melahirkan dan sedang dalam masa menyusui. Para ibu yang menyusui dapat mengalami penyumbatan aliran ASI atau terpapar bakteri yang menjadi penyebab timbulnya mastitis. Gejala lain terjadinya mastitis meliputi adanya payudara yang membengkak, terasa lunak, memerah serta terasa sakit dan terasa terbakar saat menyusui.

Gatal pada payudara yang perlu Anda waspadai adalah jika puting tertarik ke dalam, payudara kemerahan, adanya benjolan, cairan yang keluar dari puting serta adanya perubahan abnormal pada puting maupun payudara. Gejala awal gatal payudara adalah ditandai dengan keinginan untuk menggaruk kulit di sekitar payudara yang diikuti dengan rasa tak nyaman.

Karena terasa gatal, Anda pun otomatis menggaruk kulit yang halus di sekitar payudara, sehingga dapat mengakibatkan kulit berubah warna menjadi kemerahan, membengkak, pecah-pecah atau bersisik tebal. Meski menggaruk membantu sedikit menghilangkan rasa gatal, namun kerusakan kulit menjadi salah satu dampaknya.

Saat payudara dan sekitar payudara terasa gatal, cara merawatnya adalah dengan membasuh air hangat dengan sabun berbahan lembut untuk mengurangi rasa gatal. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan krim tanpa tambahan pewangi maupun pewarna atau krim corticosteroids ( atas petunjuk dokter pemeriksa ) juga dapat meredakan radang pada kulit. Selain itu, hindari bahan yang dapat menimbulkan alergi karena dapat membuat gatal semakin parah.

Namun, jika rasa gatal tak kunjung hilang setelah beberapa hari atau semakin memburuk, maka segera lah periksakan ke dokter. Terlebih lagi jika disertai dengan keluarnya cairan kekuningan, kecokelatan maupun kemerahan, rasa sakit, puting yang tertarik ke dalam, perubahan kulit yang membuat kulit tampak seperti kulit jeruk, jaringan payudara yang tampak menebal serta jika muncul gejala seperti kondisi mastitis.

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading