Sukses

Beauty

7 Tips Menstruasi Tetap Sehat dan Bersih

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang terjadi pada setiap wanita yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Menstruasi adalah kondisi di mana terjadi peluruhan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan.

Nah, biasanya pada saat menstruasi terjadi, daerah kewanitaan akan sangat lembab yang membuat Anda menjadi sangat tidak nyaman. Hal ini pun bisa merangsang tumbuhnya jamur, bakteri, dan bisa meningkatkan risiko infeksi pada vagina.

Berikut beberapa tips agar menstruasi Anda sehat dan bersih sehingga tidak menimbulkan gangguan di kemudian hari.

    Basuh dengan cara yang tepat

    Basuhlah daerah kewanitaan (area vagina), pantat, hingga anus dengan menggunakan air hangat dari arah depan ke belakang. Jangan membasuh dari arah anus ke vagina, karena vagina dapat terkontaminasi oleh bakteri.

    Pilih sabun tanpa pewangi

    Jika Anda ingin menggunakan sabun pembersih (cleanser) pilihlah yang berbahan ringan tanpa pewangi atau bahan kimia lainnya.

    Basuh hingga bersih

    Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal di vagina, karena dapat membuat kulit iritasi jika tertinggal terlalu lama

    Gunakan handuk yang lembut

    Untuk membasuhnya, disarankan untuk membasuh dengan handuk yang lembut dan bersih. Pastikan seluruh area vagina telah kering sebelum menggunakan pembalut dan pakaian dalam. Sebab hal tersebut dapat menimbulkan pertumbuhan bakteri dan organisme lainnya.

    Ganti pembalut

    Sering-seringlah mengganti pembalut yang Anda gunakan minimal 2-3 kali dalam sehari.

    Pakai celana dalam katun

    Kenakan celana dalam berbahan dasar katun dan hindari bahan sintetis. Pasalnya, bahan katun akan memperlancar pertukaran udara untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada vagina.

    Jangan gunakan pembersih berwarna

    Jangan pernah gunakan produk kebersihan yang berwarna, pewangi buatan, dan bahan keras lainnya pada daerah kewanitaan.

Jika setelah Anda selesai menstruasi dan mengalami keputihan yang disertai dengan bau tak sedap, nyeri, gatal, serta keluhan lainnya segeralah untuk mengonsultasikan pada dokter ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading