Sukses

Beauty

7 Cara Sederhana Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Kantung mata adalah permasalahan yang paling banyak dialami seseorang. Kondisi tersebut tentu saja dapat mengganggu penampilan dan membuat mereka tidak percaya diri. Kandung mata biasanya muncul seiring dengan pertambahan usia.Penyebabnya pun tak hanya karena faktor usia, kurang istirahat juga dapat menimbulkan kantung mata. Nah, berikut ini adalah cara sederhana untuk mengatasi kantung mata dari MeetDoctor:

 

Mengubah posisi tidur

Posisi tidur rupanya juga dapat menyebabkan timbulnya kantung mata. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengubah posisi tidur Anda sesuai dengan hukum gravitasi yaitu tidur pada posisi telungkup. Hal itu dapat meningkatkan akumulasi cairan pada jaringan tubuh yang letaknya rendah. Nah, Anda mulai dapat mencoba tidur telentang dengan tambahan bantal di bawah kepala dan batasi posisi tidur menyamping.

Batasi penggunaan garam

Membatasi konsumsi garam selain dapat menghindarkan Anda dari darah tinggi ternyata juga dapat membuat Anda terhindar dari timbulnya kantung mata. Hal itu disebabkan karena penggunaan garam berlebih dapat meningkatkan terjadinya pengumpulan darah dalam tubuh. Sifat alamiah garam yang menarik cairan dapat menyebabkan terjadinya perpindahan cairan dalam jaringan tubuh. Kondisi tersebut dapat terlihat jelas pada bagian tubuh yang memiliki susunan jaringan yang longgar, seperti area sekitar mata.

Melindungi mata dari sinar UV

Kekurangan sinar UV dapat menimbulkan risiko beberapa penyakit. Namun, mendapatkan paparan sinar matahari yang berlebih juga tidak baik untuk tubuh, seperti dapat mempercepat timbulnya kantung mata dan keriput. Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan kacamata hitam, krim tabir surya dan lain sebagainya untuk melindungi mata dan wajah Anda dari paparan sinar matahari yang berlebih.

Menghapus make up sebelum tidur

Penggunaan make up memang dapat membuat Anda terlihat tambah cantik. Namun, make up juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit, mata berair serta pembengkakan pada mata. Oleh karena itu, biasakanlah untuk selalu membersihkan make up yang Anda gunakan dan tak lupa untuk menggunakan air bersih dan sabun khusus wajah hingga bersih.

Kompres dengan air dingin

Untuk mengurangi pembengkakan pada kelopak mata, Anda dapat mengompresnya dengan menggunakan air dingin. Tak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan mentimun, kantung teh ataupun sendok dingin sebagai alat kompres.

Menggunakan krim mata atau concealer

Krim mata memiliki mengandung retinol yang terbukti dapat mengurangi timbulnya kantung mata. Anda pun tak perlu kesulitan mencarinya, karena dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan concealer untuk menyamarkan bagian berwarna gelap di bawah mata.

Waspadai kebiasaan Anda

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman alkohol dapat mengurangi kelembaban pada kulit. Kondisi tersebut dapat membentuk kantung mata. Oleh karena itu, jagalah kelembaban kulit Anda dengan banyak mengonsumsi air putih dan menggunakan pelembab kulit di sekitar mata sebelum tidur.

Kantung mata memang tidak mengganggu kesehatan, namun cukup mengganggu penampilan. Anda bisa mencoba cara-cara mudah di atas untuk menghilangkannya secara alami.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading