Sukses

Beauty

Manfaat VS Dampak Sinar Matahari, Benarkah Menyehatkan?

Pada beberapa kondisi, sinar matahari bisa sangat berbahaya bagi kulit. Buruknya lagi, sinar matahari yang terlalu sering mengenai kulit dapat menyebabkan timbulnya kanker kulit. Namun, di sisi lain, manusia pun sangat membutuhkan sinar matahari. Selain bisa merugikan manusia, sinar matahari juga bisa sangat bermanfaat bagi manusia. Di antaranya sebagai penerang dunia, bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang.
 
Pasalnya, sinar matahari mengandung banyak jenis sinar dengan berbagai macam manfaat yang berbeda, salah satunya adalah sinar ultraviolet (UV). Seperti yang Anda ketahui, sinar UV terbaik bisa kita dapatkan pada sinar matahari pagi hari. Selain itu, banyak sekali manfaat lain dari sinar UV, di antaranya adalah:

1. Mengobati Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang bisa terjadi pada kulit dan sering kambuh pada waktu yang tidak dapat diduga, di mana tubuh dalam keadaan tidak fit. Nah, paparan sinar UV dipercaya dapat membantu dalam penyembuhan penyakit psoriasis ini, serta membantu mengurangi penyakit ini kambuh.

2. Memperkuat Tulang

Seperti yang kita ketahui bersama vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang. Nah, sinar UV yang terkandung dalam sinar matahari dibutuhkan tubuh untuk metabolisme vitamin D, yaitu untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh secara maksimal. Selain itu, vitamin D pun dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar.

Nah, setelah kita membahas tentang kebaikan dari sinar matahari. Anda pun perlu memperhatikan mengenai efek buruk dari sinar matahari. Di antaranya adalah:

1. Tingkatkan risiko kanker kulit
Kulit manusia, pada dasarnya dilengkapi dengan pelindung alami, yaitu pigmen melanin. Nah, pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak pigmen yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin kecil pula risiko seseorang terkena kanker kulit. Hal tersebut disebabkan oleh pigmen yang berfungsi sebagai penangkal dampak radikal bebas dari sinar UV.

2. Sebabkan katarak
Selain berbahaya pada kulit, sinar UV pun sangat berbahaya bagi mata. Pasalnya, radiasi yang timbulkan dari sinar UV dapat menyebabkan terjadinya reaksi oksidasi pada lensa mata yang dapat menyebabkan lensa mata menjadi keruh atau katarak.

3. Penuaan dini
Selain dua dua hal terebut, terpapar sinar matahari terlalu sering dapat membuat kulit menjadi tidak sehat, atau yang paling parahnya lagi bisa membuat penuaan dini pada kulit. Hal tersebut bisa terjadi jika Anda sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit. Penuaan dini lah yang menyebabkan kulit lebih cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam (flek).

Jadi, jika Anda akan beraktivitas di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk menggunakan sunblock atau krim pelindung kulit dari sinar UV. Pasalnya, sinar UV berperan besar dalam merusak kolagen dan jaringan elastin. Di mana kolagen dan elastin merupakan jaringan pada kulit dermis yang bertanggung jawab terhadap kekuatan dan elastisitas kulit.

Sumber: MeetDoctor



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading