Sukses

Parenting

Kolesterol Turunan? Yuk Kenali Lebih Jauh

Ladies, Anda mungkin kurus atau langsing dan cukup sering olahraga dan tidak banyak makan makanan aneh dan berlemak atau berkalori tinggi. Namun sebenarnya kolesterol tetap bisa mengancam kesehatan Anda. Namun jenis kolesterol ini berbeda daripada kondisi kolesterol yang biasa Anda ketahui. Bedanya, Anda mengalami kolesterol ini karena riwayat keturunan keluarga.

Bagaimana bisa? Kolesterol ini disebut familial hypercholesterolaemia, yaitu Ini adalah kondisi "warisan" yang menyebabkan kadar kolesterol menjadi sering naik dan kadang-kadang empat kali lebih tinggi dari jumlah yang dianggap normal di dalam tubuh, dikutip dari www.netdoctor.com.

Keluarga yang memiliki kondisi seperti ini harus angat hati-hati karena kolesterol merupakan silent killer yang sering tidak terdeteksi dan tidak diobati, yang berarti bahwa gejala bisa muncul kapan saja dan berisiko pada kondisi kesehatan lebih parah seperti angina dan serangan jantung.

Kolesterol sendiri dibentuk di dalam tubuh, dan memiliki tingkat tinggi LDL, atau kolesterol jahat, dapat menyebabkan risiko tinggi mengalami penyakit jantung dan serangan jantung koroner penyempitan dan penyumbatan di dalam pembuluh darah oleh kolesterol tersebut.

Dalam hal familial hypercholesterolaemia, tidak seperti mengangkat kolesterol yang disebabkan oleh pola makan yang buruk dan gaya hidup, FH, singkatan dari familial hypercholesterolaemia, adalah kondisi turunan yang diturunkan dari generasi ke generasi melalui gen yang rusak seperti yang terjadi pada penderita diabetes.

Dalam hal ini, penderita harus benar-benar menjaga pola makan dan memilih makanan yang tidak mengganggu atau memicu tingginya kolesterol dalam darah. Jadi ada baiknya memeriksakan kondisi kesehatan pribadi dan keluarga jika ternyata memiliki gangguan kesehatan berupa kolesterol tinggi, Ladies, dan mengetahui bahwa kondisi tersebut bukan merupakan bawaan atau turunan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading