Sukses

Beauty

Tips Mengobati Jerawat Batu Oleh MeetDoctor.com

Adanya jerawat sangat mengganggu penampilan, terutama mengganggu kecantikan kulit wajah. Jika tidak segera diobati, jerawat akan meninggalkan bekas yang susah untuk dihilangkan. Apalagi, jerawat batu yang membutuhkan penanganan serius jika tidak ingin membuat kulit wajah menjadi bopeng karena salah langkah penyembuhan.

Lantas, gimana dong cara mengatasi jerawat batu biar nggak meninggalkan bekas?

Seperti yang dijelaskan oleh dr Basuki dari MeetDoctor.com, pengobatan untuk jerawat batu harus dilaksanakan dengan benar dan sesegera mungkin. Jerawat batu tidak boleh dipencet-pencet, sebisa mungkin jangan dikeluarkan nanahnya. Jika tidak ditangani dengan benar jerawat batu ini sering menimbulkan bekas kehitaman atau cekung (istilahnya bopeng-bopeng) yang sukar dihilangkan.

Jerawat batu harus dikonsultasikan ke dokter. Dokter akan memberikan obat yang tepat seperti antibiotik yang harus diminum untuk jangka waktu tertentu, serta obat-obat anti radang. Bahkan, jika perlu, dokter juga akan memberikan obat yang bisa mengurangi produksi lemak kulit. Untuk obat olesnya diberikan antibiotik (cairan, gel, atau krim) dan krim/gel benzoil peroksida.

Untuk tindakan pertama sebelum ke dokter, lakukan pembersihan muka secara teratur dan benar, biasanya memakai pembersih muka untuk kulit berminyak, dan jangan dipencet-pencet. Hindari stres atau makanan berlemak. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan menghindari begadang jika memang tidak perlu begadang.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading