Sukses

Beauty

Kulit Wajah Berminyak Lebih Berisiko Terhadap Jerawat Batu, Benarkah?

Salah satu masalah kulit yang sering Anda alami adalah jerawat. Adanya jerawat di kulit wajah tentu akan mengganggu penampilan Anda. Terlebih lagi jerawat dengan ukuran besar dan dalam jumlah banyak yang sulit untuk dihilangkan, seperti jerawat batu.

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Sutirto Basuki dari MeetDoctor.com, jerawat timbul pada mulanya karena tersumbatnya kelenjar lemak (sebum) di kulit. Hal ini terjadi dapat karena tersumbatnya muara kelenjar karena debu atau kosmetik, sempitnya saluran kelenjar atau produksi kelenjar lemak yang berlebihan.

Kondisi ini akan menimbulkan gejala yang disebut jerawat, yang dimulai dengan jerawat kecil (komedo). Nah, jika jerawat ini tetap tersumbat, maka akan makin membesar dan seringkali pula bernanah. Jerawat yang besar, yang sering berisi nanah ini yang disebut jerawat batu.

Jerawat batu seringkali dijumpai pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak, laki-laki lebih sering dibandingkan wanita, terutama jika kondisi kulit wajah kotor. Perlu diketahui juga, jenis kulit berminyak ini juga bisa jadi karena faktor genetik. Oleh karena itu orang dengan kulit berminyak harus rajin untuk membersihkan muka dengan benar, dalam arti kata menggunakan sabun untuk kulit berminyak, tetapi juga tidak boleh berlebihan.

Bagaimana dengan jenis kulit Anda Ladies? Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya Anda menjaga kebersihan kulit wajah untuk mencegah munculnya jerawat batu.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading